Rabu 09 November 2022, 19:45 WIB

Sensasi Negeri Bawah Laut Wakanda Forever Ada di Jakarta

Fathurrozak | Weekend
Sensasi Negeri Bawah Laut Wakanda Forever Ada di Jakarta

Dok. Mall of Indonesia
Instalasi tiga dimensi tentang dunia bangsa Talokan yang dihadirkan di Mall of Indonesia.

 

FILM sekuel Black Panther, Wakanda Forever yang disutradarai Ryan Coogler tayang secara serentak di jaringan bioskop mulai hari ini (9/11). Lewat film ini Coogler mengajak penonton untuk menjelajahi kembali kerajaan Wakanda.

 

Menyambut penayangan film tersebut, Disney Indonesia bekerja sama dengan para seniman untuk menghadirkan karya seni interaktif. Salah satu yang dihadirkan adalah karya instalasi oleh Imagispace yang berada di Mall of Indonesia. Imagispace menghadirkan ruang tiga dimensi dengan sentuhan seni dan teknologi untuk membawa pengunjung bisa merasakan dunia bawah laut Talokan, bangsa yang menjadi ancaman baru Wakanda.

 

“Kami berpikir bagaimana menggabungkan film yang sudah ada, yaitu Black Panther, dan film terbaru, Wakanda Forever. Kami berusaha gabungkan hidden world Wakanda dan Talokan. Kami bikin instalasi dengan gerbang yang memiliki sensor dan tata cahaya. Jadi seolah-olah pengunjung memasuki dunia tersembunyi,” kata creative art director Imagispace Mervi Sumali dalam konferensi pers yang berlangsung di Sheraton, Jakarta Selatan, Selasa, (8/11).

 

Instalasi yang dihadirkan Imagispace juga menawarkan visual tiga dimensi yang menyatu antara dinding dan lantai ruang. Mereka menyematkan sensor di dinding dan lantai, dan dengan sensor tersebut nantinya akan lalu lalang ikan-ikan seperti di Talokan.

 

“Nanti juga ada gelembung udara yang mengikuti pengunjung ke sisi mana pun mereka bergerak. Ini kami terinspirasi dari legacy yang ditinggalkan Chadwick Boseman. Legacy itu akan tetap hidup bersama orang-orang dan teman yang ditinggalkannya,” sambung Mervi.

 

Pameran instalasi ini dibuka gratis untuk publik, berlangsung pada 5-27 November, dengan jam kunjungan sesuai jam buka dan tutup mal Mall of Indonesia Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Selain pameran instalasi seni, karya mural juga dihadirkan dalam menyambut film Wakanda Forever. Kali ini, mural dikerjakan oleh kolektif perempuan seni jalanan Ladies on Wall. Ladies on Wall menggambar tiga tokoh di film Black Panther, ada King T’Challa (Chadwick Boseman), Putri Shuri (Letitia Wright), dan Ratu Ramonda (Angela Bassett). Dihias dengan alfabet Wakanda.

 

“Karena kami mengerjakannya di ruang publik, jadi kami berpikir, hal apa yang bisa langsung diingat oleh orang dan bisa diasosiasikan dengan Wakanda? Sebab itu karakter yang kami gambar menyilangkan tangan di depan dada,” kata perwakilan Ladies on Wall Anissa Nur Ratnasari dalam kesempatan sama dengan Mervi.

 

Mural tersebut dikerjakan oleh tiga muralis dari Ladies on Wall yang berlokasi di area Cove at Batavia, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Mural tersebut pun sudah jadi dan bisa dinikmati publik untuk berfoto sampai 4 Desember. (M-1)

Baca Juga

Dok. Jaman Studio

Film Horor Anak Titipan Setan Siap Tayang Awal 2023

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 11:20 WIB
Anak Titipan Setan merupakan film yang dibiayai Perum Produksi Film Negara (PFN) dan diproduksi Jaman...
Dok. 123RF/belchonock

Senyawa Kentang dan Tomat Berpotensi Sebagai Obat Kanker Baru

👤Nike Amelia Sari 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:30 WIB
Sekelompok peneliti asal Polandia menemukan fakta, senyawa glikoalkaloid pada kentang dan tomat memiliki potensi untuk melawan sel...
Dok. Penerbit Haru

Misteri Dua Sahabat dari Minato Kanae

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:50 WIB
BAGI penggemar sastra populer Asia, khususnya yang bergenre misteri dan thriller, nama Minato Kanae mungkin sudah tak lagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya