Rabu 21 September 2022, 09:00 WIB

Inilah Daftar 30 Film Panjang yang Lolos Seleksi Awal FFI 2022

Fathurrozak | Weekend
Inilah Daftar 30 Film Panjang yang Lolos Seleksi Awal FFI 2022

ANTARA/Arnidhya Nur Zhafir
Reza Rahadian, Ketua Komite FFI 2021-2023

 

Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2022 sudah menerima sebanyak 470 karya film, baik film cerita panjang, film pendek, film dokumenter maupun film animasi, dan kritik film secara daring. Film cerita panjang yang mendaftar sebanyak 74 judul, film non-cerita panjang yang meliputi film cerita pendek sebanyak 309 judul, film animasi pendek 38 judul, film dokumenter pendek 83 judul, dan film dokumenter panjang 13 judul. Pendaftaran FFI 2022 untuk kategori Film Non-Cerita Panjang resmi ditutup pada 15 September. Komite FFI 2022 juga sebelumnya telah menutup pendaftaran untuk kategori Film Cerita Panjang pada 31 Agustus.

Komite FFI 2022 juga menerima karya kritik film sebanyak 135 judul. Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, menyampaikan apresiasi terhadap sineas dan kritikus film yang telah berpartisipasi dalam FFI 2022. Ia juga mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas komite FFI yang telah menyukseskan pelaksanaan FFI mulai dari peluncuran hingga memasuki tahapan penjurian.

“Jumlah film yang mendaftar menunjukkan potensi film Indonesia di tahun ini masih sangat kuat, sehingga kami optimistis industri perfilman Indonesia akan pulih dan bangkit lagi setelah pandemi berakhir. Hal ini selaras dengan komitmen yang kami galang untuk pemulihan sektor seni dan budaya dunia melalui Pertemuan Pejabat Tinggi G20 di bidang kebudayaan yang baru saja berlangsung di Magelang beberapa waktu lalu,” ungkap Mahendra dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia pada Minggu, (17/9).

Reza Rahadian, Ketua Komite FFI 2021-2023, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya para sineas dan kritikus film yang telah mendaftarkan karyanya di FFI 2022.

“Senang sekali melihat karya yang kami terima tahun ini memiliki keragaman tema, gagasan, dan latar belakang budaya dari Sumatera hingga Papua. Film-film tersebut mengangkat tema lokal dengan beragam budaya dan bahasa. Para pemain dari lintas generasi di film yang tayang di bioskop, platform digital, hingga festival internasional juga memberikan warna tersendiri. Dengan beragamnya karya yang mendaftar ke FFI 2022 ini, semoga bisa menjadi langkah awal yang baik untuk kemajemukan perfilman Indonesia yang terus bergerak maju,” kata Reza.

Sebanyak 30 film yang telah lolos seleksi akan melanjutkan tahap tahap rekomendasi dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, proses penjurian film tahun ini akan dilakukan di Ruang Penayangan FFI bekerja sama dengan Bioskop Online dan hanya dapat diakses oleh para juri yang bertugas.

Akademi Citra FFI yang terdiri dari sineas pemenang Piala Citra FFI juga sudah resmi terbentuk dan akan terlibat sebagai juri nominasi yang akan menentukan daftar nominasi masing-masing kategori penghargaan.

“Penjurian FFI 2021-2023 menerapkan sistem yang berkesinambungan pada tiap tahunnya, melalui berbagai masukan dari asosiasi profesi dan insan film Indonesia. Tahun ini disempurnakan dengan dibentuknya Akademi Citra dan platform daring, Ruang Penayangan FFI. Proses penjurian dari tahap Film Rekomendasi Asosiasi hingga tahap nominasi dilakukan satu pintu melalui platform penayangan ini yang telah terjamin sistem keamanannya,” jelas Ketua Bidang Penjurian FFI 2022 Garin Nugroho.

Selain itu, daftar film non-cerita panjang, baik film cerita pendek, film animasi, dan film dokumenter, serta karya kritik film yang berhasil lolos tahap seleksi awal juga akan diumumkan menyusul. Daftar nominasi FFI 2022 akan diumumkan pada 22 Oktober. Malam puncak anugerah Piala Citra FFI 2022 akan dilakukan pada 22 November.

Tahun ini, masyarakat pecinta film Indonesia masih dapat berpartisipasi lewat kategori penghargaan khusus, yaitu Film, Aktor, dan Aktris Pilihan Penonton. Film yang dapat dipilih adalah film-film yang berhasil lolos tahap Seleksi Awal FFI 2022. Aktor dan aktris yang dapat dipilih pun adalah mereka yang bermain di film-film tersebut. Pemilihan kategori penghargaan khusus ini dapat dilakukan melalui situs resmi FFI, https://festivalfilm.id/vote, dimulai 20 September dan berakhir 10 November. (M-4)

Berikut adalah 30 judul film cerita panjang yang lolos seleksi awal FFI 2022:

1.Akhirat: A Love Story
2.Autobiography
3.Backstage
4.Before, Now & Then (Nana)
5.Cinta Pertama, Kedua & Ketiga
6.Dear Nathan Thank You Salma
7.Father and Son
8.Gara-Gara Warisan
9.Inang
10.Ivanna
11.Just Mom
12.Kadet 1947
13.KKN di Desa Penari
14.Losmen Bu Broto
15.Mencuri Raden Saleh
16.Miracle in Cell No.7
17.Naga Naga Naga
18.Ngeri Ngeri Sedap
19.Noktah Merah Perkawinan
20.One Night Stand
21.Pengabdi Setan 2: Communion
22.Perjalanan Pertama
23.Ranah 3 Warna
24.Romantik Problematik
25.Satria Dewa: Gatotkaca
26.Sepeda Presiden
27.Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
28.Srimulat, Hil yang Mustahal Babak Pertama
29.Teka Teki Tika
30.Yowis Ben Finale

Baca Juga

Dok. Pribadi

Upacara di Tengah Lumpur dan Adu Skill Keputrian

👤Intan Nuri Mardiyani - PPM Muhammadiyah At-Tajdid Cepu 🕔Rabu 28 September 2022, 17:00 WIB
Salah satu kegiatan untuk meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan di PPM Muhammadiyah At-Tajdid Cepui alah kompetisi Miss...
Dok. Panji/SMAM Al-Kautsar Pk Kartasura

Sepeda Tidak Akan Mati

👤Panji Tsaqib Al Azzam - SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura 🕔Rabu 28 September 2022, 13:00 WIB
Bersepeda termasuk kegiatan yang tidak lekang popularitasnya. Bahkan, di masa pandemi covid-19, sepeda menjadi salah satu olahraga yang...
Unsplash.com/Rani George

Tips Mencegah Minyak Meletup dan Berceceran saat Menggoreng

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 28 September 2022, 12:00 WIB
Saat Anda ingin menggoreng apa pun di atas kompor, cobalah untuk memanaskan wajan dan minyak secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya