Rabu 14 September 2022, 03:15 WIB

Legenda Sinema Prancis, Jean-Luc Godard, Wafat

Fathurrozak | Weekend
Legenda Sinema Prancis, Jean-Luc Godard, Wafat

AFP
Jean-Luc Godard

 

Sutradara berdarah Prancis-Swiss, Jean-Luc Godard wafat pada usia 91 tahun. Ia merupakan salah satu tokoh yang turut merevolusi sinema pada akhir 1950-an dan 1960-an.

AFP mengabarkan Godard Godard  meninggal dengan damai di rumah di Swiss. Ia ditemani istrinya Anne-Marie Mieville di sisinya.

Pengacara Godard, Patrick Jeanneret, mengatakan kepada AFP kematian Godard mengikuti laporan medis disebabkan beberapa patologi yang melumpuhkan organ tubuh.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mencicit Prancis telah kehilangan seorang maestro yang jenius. Godard membuat jejaknya dengan serangkaian film pada medio 1960-an. Ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh dari gerakan gelombang baru sinema Prancis (France New Wave).

Lahir di Paris pada 1930, Godard tumbuh dan bersekolah di Nyon, di tepi Danau Jenewa di Swiss. Setelah pindah kembali ke Paris usai menyelesaikan sekolah pada 1949, Godard menemukan habitat alaminya di ‘klub bioskop’ intelektual yang berkembang di ibukota Prancis setelah perang. Dan membuktikan di situ lahirnya wadah Gelombang Baru Prancis (France New Wave). Setelah bertemu orang-orang seperti kritikus André Bazin dan sesama sutradara masa depan François Truffaut, Claude Chabrol dan Jacques Rivette, Godard mulai menulis untuk majalah film, termasuk Cahiers du Cinema Bazin yang kemudian memiliki pengaruh.  

Meski sempat dianggap sebagai sosok revolusioner dalam sejarah sinema, tetapi pengaruhnya kemudian berangsur surut pada periode 80-an. Pada 2014, filmnya yang berjudul Goodbye to Language meraih Cannes Jury Prize dalam Festival Film Internasional Cannes, Prancis. (M-2) 

Baca Juga

MI/Fathurrozak

Kembalinya Rumah Pencinta Sinema Ibukota

👤Fathurrozak 🕔Senin 26 September 2022, 10:36 WIB
Kini, Kineforum menempati gedung Planetarium, di lantai...
AFP/Randy Brooks

Rihanna akan Tampil di Kejuaraan Super Bowl tahun Depan

👤Adiyanto 🕔Senin 26 September 2022, 09:00 WIB
Dalam beberapa tahun terakhir Rihanna jarang tampil di acara pertunjukan musik. Ia lebih fokus mengurus merek kosmetiknya Fenty...
AFP/Handout / NASA/JPL-CALTECH

Planet Mars Tercemar Jutaan Sampah akibat Eksplorasi Manusia

👤Devi Harahap 🕔Senin 26 September 2022, 08:12 WIB
Jumlah sampah yang berada di Mars mencapai 15.694 pounds atau setara dengan 6,8 juta kilogram yang telah ditinggalkan manusia selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya