Minggu 11 September 2022, 05:20 WIB

Hanonsari Paramita : Pintu Sejarah Lewat Kuburan

(*/M-1) | Weekend
Hanonsari Paramita : Pintu Sejarah Lewat Kuburan

MI/SUMARYANTO BRONTO
Hanonsari Paramita : Pintu Sejarah Lewat Kuburan

 

SUDAH bukan baru tentang adanya orang-orang yang suka menjelajahi pekuburan. Namun, kebanyakan hal mistis menjadi tujuan mereka. Sebab itulah kegiatan yang dilakukan Hanonsari Paramita menjadi unik. Perempuan yang akrab disapa Ruri ini bukan saja gemar, melainkan sampai mendirikan komunitas yang serius menelusuri kuburan-kuburan. Namun, dalam komunitas bernama Graveyard Indonesia itu tujuan kegiatan ialah mempelajari sejarah.

“Saya mengumpulkan keping-keping sejarah dari kuburan yang kami temukan terus dijadikan satu kemudian dijahit dijadikan satu cerita,” kata Ruri saat hadir sebagai bintang tamu Kick Andy episode Kulik Komunitas Unik.

Komunitas itu digagas Ruri dan Deni Priya Prasetya pada 28 Januari 2017. Mereka semula tergabung dalam komunitas Sejarah Ngopi Jakarta. Ruri dan Deni yang kini telah tutup usia, kemudian mengunggah hal-hal menarik yang mereka temukan di kuburan dalam ke akun Instagram @ indonesia_graveyard.

“Kami melawan stigma kuburan yang seram karena banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa diambil dari kuburan, bagaimana kita bisa menghargai waktu, ada juga perspektif gender juga bisa karena bentuk nisannya beda terutama nisan Jawa,” kata perempuan berusia 43 tahun itu.

Para penjaga makam adalah salah satu nara sumber sejarah bagi komunitas Indonesia Graveyard. Sebab, banyak penjaga makam atau juru kunci di Indonesia yang turun-temurun atau regenerasi sehingga menjadi penutur hidup sejarah.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan berbagai sejarah yang terungkap melalui fi losofi yang ia pelajari dari kuburan yang dikunjungi. Salah satunya ialah makam di Slipi Petamburan, Mausoleum diketahui sebagai makam megah dan satu-satunya di Jakarta yang dibangun pada tahun 1920-an.

Setelah dicari tahu, ternyata marmer yang digunakan di makam tersebut didatangkan langsung dari Italia sebagai bakti cinta sang istri terhadap mendiang suaminya.
Tak hanya itu, ia juga menjelaskan hal yang ia dan rekan-rekannya temui saat berkunjung ke makam Sigit Prasetyo, korban tragedi Trisakti (1998) yang dimakamkan di permakaman Tanah Kusir. Simak cerita selengkapnya dalam tayangan Kick Andy malam ini. (*/M-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Upacara di Tengah Lumpur dan Adu Skill Keputrian

👤Intan Nuri Mardiyani - PPM Muhammadiyah At-Tajdid Cepu 🕔Rabu 28 September 2022, 17:00 WIB
Salah satu kegiatan untuk meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan di PPM Muhammadiyah At-Tajdid Cepui alah kompetisi Miss...
Dok. Panji/SMAM Al-Kautsar Pk Kartasura

Sepeda Tidak Akan Mati

👤Panji Tsaqib Al Azzam - SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura 🕔Rabu 28 September 2022, 13:00 WIB
Bersepeda termasuk kegiatan yang tidak lekang popularitasnya. Bahkan, di masa pandemi covid-19, sepeda menjadi salah satu olahraga yang...
Unsplash.com/Rani George

Tips Mencegah Minyak Meletup dan Berceceran saat Menggoreng

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 28 September 2022, 12:00 WIB
Saat Anda ingin menggoreng apa pun di atas kompor, cobalah untuk memanaskan wajan dan minyak secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya