Sabtu 10 September 2022, 07:35 WIB

Tiga Arloji Pintar Baru dari Apple

Apple.com/The Verge/M-2 | Weekend
Tiga Arloji Pintar Baru dari Apple

Dok. Apple

 

APPLE Inc secara resmi meluncurkan tiga produk jam tangan pintar terbaru mereka pada acara Apple Event 2022 yang digelar secara virtual pada Rabu (7/9). Ketiganya ialah Apple Watch Series 8, Apple Watch SE, dan tipe terbaru di lini mereka, Apple Watch Ultra. Pemesanan untuk tiga arloji tersebut dimulai sejak 9 September.

 

1. Apple Watch Series 8

Terdapat dua jenis Apple Watch Series 8, masing-masing dengan ukuran layar 45 mm dan 41 mm. Tali jam atau strap hadir dalam empat opsi warna, yaitu lunar, astronomy, metropolitan, dan modular.

Layar Apple Watch Series 8 dilengkapi lapisan kristal yang membuatnya lebih kuat dan antiretak. Layar tersebut juga menggunakan fitur always-on retina yang memungkinkan jam dapat terlihat dengan jelas meski di tempat yang minim cahaya.

Apple Watch Series 8 menggunakan sistem operasi Watch OS 9 yang dapat terkoneksi dengan sistem operasi terbaru Apple, IOS 16. Baterainya bisa bertahan hingga 18 jam dalam pemakaian maksimal.

Jam tersebut sudah dilengkapi fitur-fitur terbaru Apple, seperti pendeteksi kedaruratan, pemantau dan pencatat siklus ovulasi pada wanita, serta yang paling baru ialah pendeteksi suhu tubuh yang sangat akurat.

Wakil Direktur Kesehatan Apple, Sumbul Desai, mengatakan perpaduan antara fitur pemantau suhu tubuh dan siklus ovulasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan ataupun mencegah kehamilan tak diinginkan. Notifikasi akan muncul guna memberitahukan masa subur pengguna jam tersebut setiap bulannya.

Apple Watch 8 Series 8 dijual seharga Rp5,9 juta untuk versi GPS dan Rp7,4 juta untuk versi GPS dan seluler.

 

2. Apple Watch SE

Secara garis besar, tipe itu memiliki sistem dan fitur nyaris serupa dengan Apple Watch Series 8. Namun, Apple Watch SE merupakan edisi khusus yang dibuat dengan harga lebih terjangkau.

Apple sengaja membuat seri itu untuk menyasar pengguna baru yang ingin mencoba produk jam pintar Apple. Selain itu, untuk segmen anak, selama ini versi SE memang menjadi tipe Apple Watch yang paling banyak dipilih orangtua pengguna Iphone untuk digunakan anak mereka agar dapat mudah terhubung dan terlacak aktivitasnya. Karena itu, Apple secara khusus juga menghadirkan fitur family setup pada jam tersebut.

Apple Watch SE tersedia dalam dua ukuran, yakni 44 mm dan 40 mm. Rangka dari jam tersebut dibuat dari bahan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan Apple Watch Series 8. Rangka utama dibuat dari aluminium daur ulang dan nilon.

Fitur-fitur seperti pemantau kesehatan, pendeteksi kedaruratan, dan fitur olahraga pada Apple Watch SE sama dengan yang ada di Apple Watch Series 8. Hanya saja beberapa fitur jenis olahraga seperti menyelam hingga kedalaman puluhan meter di bawah laut tidak terdapat di tipe itu.

Apple Watch SE dijual dengan harga Rp3,7 juta untuk versi GPS dan Rp4,4 juta versi GPS dan seluler.

 

3. Apple Watch Ultra

Itu dapat dikatakan sebagai versi premium dari produk Apple Watch. Ukuran layarnya 49 mm, terbesar di antara semua produk jam pintar Apple yang pernah dirilis sejauh ini. Apple mengklaim Apple Watch Ultra sebagai produk jam pintar dengan ketahanan dan fitur untuk eksplorasi serta pertualangan terbaik yang mereka rilis.

Rangka utamanya dibuat dari bahan titanium yang tebal. Seluruh bagian rangka dan layar dilapisi dengan kristal safir yang membuat ketahanannya lebih terjamin dan tampilannya lebih cerah.

“Jam ini terinspirasi dari para petualang dan atlet dari seluruh dunia. Kami membuat desain jam ini untuk bisa digunakan dalam segala situasi, dengan desain spesial dan mampu bertahan di lingkungan yang ekstrem,” ujar Direktur Operasi Apple, Jeff Williams, di Apple.com, Kamis (8/9).

Baterai Apple Watch Ultra bisa bertahan selama 36 jam dalam pemakaian maksimal. Sementara itu, jika dipakai dengan fitur minimal, baterainya bisa bertahan hingga 60 jam.

Jam tersebut dilengkapi dengan mikrofon dan perangkat audio berkualitas tinggi yang dapat mengeluarkan serta merekam suara dengan lebih jelas meski dalam kondisi yang bising. Di bagian sisi jam juga terdapat sebuah tombol tambahan yang dapat digunakan untuk membuka berbagai fitur di dalamnya dengan lebih cepat.

Karena dihadirkan untuk mendukung aktivitas luar ruangan yang lebih maksimal, Apple Watch Ultra juga dilengkapi dengan GPS, kompas, dan fitur olahraga ekstrem yang tak terdapat di jam pintar Apple versi lainnya.

Apple Watch Pro tersedia dalam tiga opsi strap, yaitu Trail Loop, Alpine Loop, dan Ocean Band. Harganya dibanderol US$799 atau sekitar Rp11,9 juta.

 

Baca Juga

MI/Fathurrozak

Sukses di Digital, Produsen Minuman Lokal ini Buka Gerai di New York

👤Fathurrozak 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:10 WIB
Setelah berhasil mendapatkan pemasukan 70% secara digital, tahun ini merek minuman manis kekinian Teguk berekspansi ke pasar global. Per 17...
AFP/Space Perspective

Apakah Ada Planet Selain Bumi yang Memiliki Oksigen?

👤Devi Harahap 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:51 WIB
Atmosfer bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang dapat menopang...
AFP/STR

Kenali Bahaya dan Hal Terpenting Dilakukan Saat Terkena Gas Air Mata

👤Nike Amelia Sari 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:39 WIB
Menyebarkan gas air mata sering menyebabkan kepanikan dan disorientasi yang meluas di kerumunan juga. Berikut ini bahaya gas air...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya