Kamis 08 September 2022, 07:00 WIB

Cara Menyamarkan Bekas Luka secara Mandiri

Putri Rosmalia | Weekend
Cara Menyamarkan Bekas Luka secara Mandiri

unsplash.com/Nati Melnychuk
Iliustrasi: Perawatan luka

 

Bekas luka sering menjadi masalah yang membuat penampilan jadi terganggu, apalagi jika berada di bagian tubuh yang mudah dilihat.

Walaupun berpotensi mengganggu penampilan, banyak orang lupa untuk merawat luka dan bekas lukanya dengan tepat. Akibatnya, ia jadi lebih terlihat dan tak jarang menimbulkan keloid atau jaringan parut yang sangat sulit dihilangkan.

Ketika bekas luka sudah terlanjur terlihat dan meninggalkan tekstur tak elok pada kulit, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dan menyamarkannya dilansir dari medicalnewstoday.com, Rabu, (7/9).

1.Plester atau gel silikon

Saat ini telah banyak produk plester dan gel yang mengandung silikon dijual di pasaran. Kedua produk tersebut telah terbukti dapat membantu menyamarkan bekas luka bahkan yang sudah terlanjur menimbulkan jaringan parut pada kulit.

Dua produk tersebut akan lebih afektif ketika digunakan secara terus-menerus selama minimal dua bulan. Hasil maksimal akan didapatkan ketika digunakan segera setelah luka sembuh secara sempurna.

2.Ekstrak bawang bombai

Ekstrak bawang bombai terbukti memiliki khasiat menyamarkan kerusakan jaringan kulit. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh National Center of Biotechnology AS tahun 2020.

Dari penelitian tersebut diketahui para ibu yang menggunakan gel dan tambahan ekstrak bawang bombai pada bekas luka operasi cesar memiliki bekas luka sayatan yang lebih minimal.

3.Exfoliator kimia

Produk kimia seperti krim, serum, dan masker juga bisa menjadi opsi untuk membuat bekas luka lebih tersamarkan. Namun, jangan asal pilih produk, pilihlah produk yang mengandung zat bersifat exfoliator.

Sifat exfoliator dapat membantu meregenerasi sel kulit mati. Hasilnya kulit akan lebih lembut dan bekas luka tersamarkan. Zat yang memiliki sifat exfoliator di antaranya glycolic acid, trichloracetic acid, lactic acid, alpha-hydroxy dan beta-hydroxy acid, serta salicylic acid. Jika bingung menentukan pilihan, konsultasi dengan ahli dermatologi dapat dilakukan sebelum merawat dengan produk exfoliator.

4.Gunakan tabir surya

Tabir surya memang tak memiliki kandungan yang dapat menyamarkan bekas luka. Namun, menggunakan tabir surya dapat melindungi bekas luka dari paparan sinar matahari secara langsung dan jadi lebih terlihat.

Seperti diketahui, jaringan kulit yang telah rusak memiliki risiko lebih tinggi untuk terbakar ketika terpapar sinar matahari secara langsung. Karena itu, melakukan perawatan bekas luka tak akan memiliki hasil yang maksimal tanpa menggunakan tabir surya secara rutin.

5.Produk tata rias medis

Di dunia dermatologi juga terdapat istilah tata rias medis, yakni produk tata rias yang dibuat dengan kandungan obat untuk merangsang kesehatan kulit. Produk tersebut umumnya bisa didapatkan dengan resep atau arahan dokter spesialis kulit. (M-4)

 

Baca Juga

Dok. Cantrik Pustaka

Misogini dalam Film Horor Indonesia

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 07:45 WIB
FILM horor menjadi salah satu genre film yang paling digemari di...
Dok. Insist Press

Pengaburan Akar Budaya di Balik Genosida

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 07:40 WIB
Lewat berbagai paparan dan penelitian oleh penulis dalam buku ini, dapat disimpulkan bahwa banyak hal mungkin telah hilang atau dihilangkan...
Dok: Tim Dekdok IPM Pitulasan

Bara Kreativitas dalam Lomba Pitulasan

👤Azizah Hanum Azzahra - SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo 🕔Jumat 30 September 2022, 17:00 WIB
Berbeda dari tahun lalu, panitia Lomba Pitulasan 2022 ingin memberi tantangan berbeda kepada para peserta dengan melakukan modifikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya