Rabu 07 September 2022, 09:53 WIB

Yuk, Lihat Ragam Flora dan Fauna di Lapangan Banteng Jakarta

Devi Harahap | Weekend
Yuk, Lihat Ragam Flora dan Fauna di Lapangan Banteng Jakarta

MI/Adam Dwi
Pengnjung menyaksikan Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2022 di taman Lapangan Banteng, Jakpus

 

Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2022 digelar mulai 26 Agustus hingga 26 September 2022 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Di arena pameran ini, warna-warni bunga dan tanaman hias terlihat menyegarkan mata. Sesuai dengan namanya, Flona 2022 merupakan pameran yang khusus menampilkan beragam jenis tanaman dan hewan. Selain itu, pameran Flona ini memberikan alternatif bagi keluarga maupun masyarakat untuk bisa menikmati dan mempelajari kekayaan flora dan fauna.

Pameran dimeriahkan oleh 120 stan yang menampilkan beragam jenis tanaman dan hewan, produk-produk unggulan koperasi maupun usaha kecil menengah, mulai dari produk tanaman hias, tanaman buah dan sayur, hingga tanaman herbal atau obat, perlengkapan pertanian, dan coaching clinic.

Sedangkan untuk harga pun terbilang terjangkau, seperti harga tanaman hias dan tanaman buah yang dijual mulai Rp10.000, hingga ratusan ribu. Ada tanaman bonsai, kaktus, bunga matahari, pohon kelor dan lainnya.

"Kami di sini menjual beragam macam jenis tanaman hias seperti anggrek, bonsai, kaktus. Ada juga tanaman buah dan sayur dari yang organik sampai non organik, harganya mulai 10 ribu rupiah sampai ratusan ribu, tergantung jenis tanamannya," kata penjual tanaman, Sholeh saat ditemui Media Indonesia, Jum'at (2/9).

Selain tanaman, pengunjung juga bisa melihat beragam peralatan cangkul, bahkan bisa juga bercocok tanam, mencicipi minuman herbal, kombucha, dan bagi yang suka kuliner, silakan cicipi beragam kuliner khas Betawi salah satunya seperti Kerak Telor. Terdapat pula berbagai produk konsumsi berbasis tumbuhan maupun hewan peliharaan yang bisa dibeli oleh pengunjung.

Selain itu, di bagian fauna, para pengunjung juga bisa menemukan aneka jenis hewan peliharaan yang sangat menarik, mulai dari kelinci, ikan, marmut, ular, kura-kura, domba, burung hantu, dan masih banyak lagi lainnya

Area fauna semakin menarik dengan adanya pet market, mini zoo ragunan dan organic market. Pengunjung juga dapat menikmati banyak spot Instagramable, termasuk vertical garden, roof garden, rain garden, dan masih banyak lagi.

"Kami menyuguhkan berbagai replika hewan sebagai wadah edukasi bagi para pengunjung agar mengenal lebih jauh tentang sejarah fauna di Indonesia. Mulai dari reptil, mamalia, jenis hewan-hewan yang hampir punah seperti anoa, banteng, sumatera harimau," ujar Untung, selaku tour guide mini zoo ragunan.

Kolaborasi Pemprov

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mengusung tema utama Flona bertajuk "Kolaborasi." Hal ini berkaitan dengan penyelenggaraan pameran yang mengikutsertakan banyak pihak, mulai dari masyarakat umum, swasta, maupun Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) dari masing-masing wilayah administrasi Jakarta.

Untuk meramaikan Pameran Flona 2022, Jakarta Utara mengangkat tema "JIS As A Landmark" yang akan memperlihatkan kemegahan miniatur bangunan JIS kepada pengunjung Flona.

Penerapan konsep JIS ini mengacu pada visi bahwa Jakarta merupakan kota maju, lestari, berbudaya, dan melibatkan warganya dalam mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi sesama.

Kepala Seksi Taman dan Hutan Kota Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Mutiara Ayuputri menjelaskan ada beragam jenis tanaman yang digunakan untuk mempercantik tampilan miniatur bangunan JIS di Pameran Flona 2022.

"Jenis tanaman yang dipakai adalah Pakis Monyet, Heliconia Rostrata, Irish, Guzmania, Zinnia, Heliconia Psittacorum, Kadaka, Philo Marbel, Calathea, dan Lumut," terangnya saat dihubungi Media Indonesia melalui sambungan telepon, Jum'at (2/9).

Sementara itu, Kota Administrasi Jakarta Timur, memilih sub tema Flona 2022 bertajuk "Kicir-kicir" yang menggambarkan tiga bagian utama, yaitu tiang, baling-baling, dan dinamo. Tiang menggambarkan peran serta pihak ketiga, baling-baling mewakili warga masyarakat, sementara dinamo adalah gambaran wali kota dan para UKPD.

Sesuai dengan tema tersebut, pameran Flona 2022 di Lapangan Banteng menampilkan kicir yang menggunakan energi terbarukan. Demi menyukseskan rencana tersebut, Pemprov DKI Jakarta menggandeng PLN untuk ikut bekerja sama.

Semisal miniatur Jakarta International Stadium (JIS), berbagai miniatur kicir-kicir yang diapsang di area pameran, terdapat pula miniatur jembatan Tebet Eco Park, miniatur Kampung Jepang yang dilengkapi dengan taman baca dan taman bermain bagi para pengunjung.

Pameran Flona sebelumnya sudah diadakan sebanyak 34 kali dan tahun ini menjadi penyelenggaraan yang ke-35 setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap acara tersebut dapat memperkuat interaksi antar-manusia dengan flora dan fauna. Selain itu, hobi berkebun juga banyak ditekuni oleh masyarakat selama pandemi Covid-19.

Lewat pameran Flona para pehobi tanaman hias, masyarakat dapat berinteraksi secara langsung satu sama lain agar tercipta kolaborasi di ruang ketiga.

"Kami juga terus mengupayakan ruang ketiga untuk interaksi sosial masyarakat Jakarta, berupa TMB, ruang terbuka hijau dan ruang-ruang publik guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas, berkarya, dan berekspresi," kata Anies Baswedan seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya@aniesbaswedan, Sabtu (27/8).

Baca Juga

Dok. Varisa Amanda/DevDok SMK Muhammadiyah 1 Baturetno

Karnaval Pembangunan Meriahkan HUT ke-77 RI

👤Silvia Galuh Alfiani - SMK Muhammadiyah 1 Baturetno 🕔Senin 26 September 2022, 21:43 WIB
Kegiatan karnaval tahun ini menjadi yang pertama digelar Kecamatan Baturetno setelah hampir tiga tahun bangsa Indonesia diterpa pandemi...
MI/Fathurrozak

Festival Sinema Prancis 2022 Bakal Hadir di 13 Kota Indonesia

👤Fathurrozak 🕔Senin 26 September 2022, 21:15 WIB
Tahun ini, Festival Sinema Prancis (FSP) menayangkan 19 film secara luring dan empat film serta satu miniseri di Mola TV secara...
Dok. SMA Muhammadiyah 1 Gresik/smamsatugresik

Asah Skill lewat Kelas Prodistik dan Passion

👤Dwi Zuliah 🕔Senin 26 September 2022, 20:51 WIB
Membekali peserta didik dengan kemampuan dasar teknologi informasi (TI) yang dibutuhkan di perguruan tinggi, atau bahkan di dunia kerja,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya