Jumat 02 September 2022, 06:00 WIB

Gol A Gong Gunakan 'Celemek Ajaib' untuk Kenalkan Literasi

adiyanto | Weekend
Gol A Gong Gunakan

dok:Pribadi
Duta Baca Indonesia Gol A Giong dengan Celemek Ajaibnya

 

Banyak cara untuk mengenalkan literasi kepada anak-anak. Duta baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau yang lebih akrab disapa Gol A Gong, melakukannya dengan cara unik. Ia, misalnya, mengenakan celemek yang biasa digunakan para ibu untuk memasak.

“Saya menggunakan strategi Celemek Ajaib Paman Gong. Di celemek itu ada kantong ajaib (seperti Doraemon) berisi banyak hadiah; coklat, buku, permen dan lain-lain. Emak-emak dan anak-anaknya antusias dan rebutan,” tuturnya, kepada Media Indonesia melalui pesan whatsapp, Kamis (1/9).

Cara itu, kata pengarang novel Balada si Roy ini, ia praktikan saat mengunjungi PAUD Ikhlas Cerdas Mandiri di Serang, Banten, bersama Sekolah Enuma Bahasa Indonesia, pada akhir Agustus lalu. “Dalam kegiatan itu juga ada berbagi cerita tentang bagaimana mengasuh anak di era digital,” papar Gol A Gong.

Gol A Gong adalah nama pena dari pria kelahiran 15 Agustus 1963 ini.  Saat ini ia dikukuhkan sebagai duta baca Indonesia oleh Perpustakaan Nasional dengan periode masa bakti 2021-2026.  Periode sebelumnya, tugas ini pernah dijabat Nazwa Shibab dan Andy F Noya.

Sebagai Duta Baca, Gong sering berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk menggiatkan literasi, dengan cara berdiskusi, mendongeng, maupun membagikan buku ke berbagai komunitas. “Budaya membaca itu penting untuk membuka cakrawala berpikir,” ujarnya. (M-4)

 

Baca Juga

Dok. Paramount Pictures.

Smile, Thriller Psikologi yang Siap Meneror

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 15:25 WIB
Smile menjadi film panjang debut sutradara Parker Finn. Meski secara teknis digarap dengan baik, sayangnya masih ada beberapa formula...
Olivier Morin / AFP

Perubahan Iklim Membuat Populasi Beruang Kutub Semakin Terancam

👤Devi Harahap 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:15 WIB
Periode panas yang cukup lama dengan temperatur suhu lebih tinggi membuat keberlanjutan hidup beruang kutub semakin kritis dan...
MI/Fathurrozak

Mengenal Ragam Kategori Batik di Indonesia.

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:49 WIB
Selain dipakai saat acara formal, juga banyak dijumpai berbagai ragam padu padan batik dalam keseharian maupun dalam acara-acara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya