Rabu 29 Juni 2022, 08:15 WIB

Planet Neptunus Bergerak "Mundur" Akibat Fenomena Retrograde

Devi Harahap | Weekend
Planet Neptunus Bergerak "Mundur" Akibat Fenomena Retrograde

NASA
Planet Neptunus atau disebut juga planet biru.

 

PLANET Neptunus memasuki fase retrograde atau pergerakan mundur. Ini adalah fenomena ketika planet terlihat seakan-akan bergerak arah secara berlawanan, walaupun sebenarnya hanya sekedar ilusi optik. Fase ini dimulai pada kemarin (28/6) hingga 3 Desember 2022.

 

Fenomena gerak semu benda langit ini akan membuat planet terlihat berbalik arah dari jalur revolusi (gerakan memutari matahari) yang seharusnya yaitu melintas ke arah Barat.

 

"Neptunus akan memulai putaran retrograde ke barat yang akan berlangsung hingga awal Desember," tulis ahli geofisika, Chris Vaughan seperti dilansir dari Space.com, (27/6).


 

Selain Neptunus, fenomena mundurnya planet di tahun ini juga terjadi pada benda langit lain. Merkurius yang juga bergerak mundur dari lintasannya dari tanggal 2 Mei hingga 2 Juni 2022.

 

Vaugant mengatakan bahwa masyarakat bisa menyaksikan fenomena planet biru itu berjalan mundur dengan menggunakan alat bantu penglihatan seperti teleskop. Fenomena tersebut bisa disaksikan sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 pagi di langit arah tenggara.

 

Waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena tersebut bervariasi, hal ini disesuaikan pada lokasi dan kondisi bersihnya langit dari polusi cahaya. Selain itu, fenomena planet biru itu juga bisa disaksikan melalui siaran langsung seperti lewat SkySafari.

 

Pergerakan "mundur" planet di langit alias retrograde terjadi karena orbit Bumi mengelilingi matahari dan kelajuan revolusi planet yang lebih cepat atau lambat dibandingkan dengan Bumi. Sehingga, saat Matahari, planet dan Bumi segaris, planet seolah-olah berbalik arah.

 

"Retrograde terjadi ketika Bumi, pada orbit yang lebih cepat lebih dekat ke matahari, melewati planet yang lebih jauh 'di jalur dalam', dapat membuat mereka tampak bergerak mundur melintasi bintang-bintang," tulis Vaughan.

 

Semakin jauh dari matahari, semakin lama planet menghabiskan waktu dalam gerakan retrograde nya itu. Anda bisa menggunakan kamera dan lensa astrofotografi untuk membantu mengamati dan mengabadikan fenomena mundurnya Neptunus.

 

Berikut ini gerak retrograde planet lain yang terjadi sepanjang tahun ini:

 

  • 29 Juil 2022 03:32 WIB - Planet Jupiter mulai bergerak mundur.

 

  • 24 Augustus 2022 20:40 WIB - Planet Uranus mulai bergerak mundur.

 

  • 23 October 2022 10:36 WIB - Planet Saturnus mengakhiri gerakan mundur.

 

  • 30 October 2022 20:21 WIB - Planet Mars mulai bergerak mundur.

 

  • 24 November 2022 06:15 WIB - Planet Jupiter mengakhiri gerakan mundur.

 

  • 04 Desember 2022 06:48 WIB - Planet Neptunus mengakhiri gerakan mundur. (M-1)

Baca Juga

Dok. Pop Art Jakarta 2022

Yuk, Nikmati Karya Kreator Lokal di Pop Art Jakarta

👤Fathurrozak 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:06 WIB
Berlangsung mulai 13 Agustus, pameran yang menghadirkan antara lain Bumilangit dan Mice Cartoon ini dapat disimak secara...
unsplash.com/Sébastien Goldberg

Gelombang Panas dan Kekeringan Ekstrem Membuat Produksi Garam di Prancis Meningkat

👤Devi Harahap 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:00 WIB
Suhu naik dalam beberapa bulan terakhir dan hampir tidak ada curah hujan. Keadaan tersebut menyebabkan tingginya penguapan air laut di...
Dok Vision+

Serial Drama Kehidupan Tradisional di Era Modern Royal Blood Bakal Dirilis

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 10:20 WIB
Vision+ bekerja sama dengan Kantara Creative dan disutradarai oleh Eko Kristianto, Royal Blood akan dirilis secara resmi pada 17 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya