Senin 27 Juni 2022, 15:20 WIB

Ini Para Pemenang Pendanaan Film Pendek Europe on Screen 2022

Fathurrozak | Weekend
Ini Para Pemenang Pendanaan Film Pendek Europe on Screen 2022

Dok. EoS
Direktur festival dan juri Short Film Pitching Prpject Europe on Screen 2022 serta perwakilan pemenang.

 

KEMBALI hadir secara luring, festival film Eropa Europe on Screen (EoS) resmi ditutup kemarin malam dengan memutarkan film Prancis The Big Hit di Goethe Haus, Jakarta Pusat.  Selama 16-26 Juli, EoS menghadirkan 69 film panjang Eropa dan tiga film pendek Indonesia pemenang proyek pitching tahun lalu. Dua tahun belakang, EoS diselenggarakan daring secara penuh akibat pandemi.

 

Tahun ini, EoS kembali menghadirkan Short Film Pitching Project (SFPP) dan telah mengumumkan tiga proyek film yang akan mendapat dana produksi secara parsial. Pemenang pertama adalah  Sing, Bee, Sing! karya Gin Teguh dari Magelang. Gin Teguh dan rekan produksinya berhak mendapat biaya produksi Rp13 juta. Selain itu, filmnya nanti juga mendapat fasilitasi pasca-produksi audio dan satu kursus pendek mengenai penyuntingan dan dua kursus pendek tentang penulisan naskah dari SAE Indonesia.

 

Dua proyek film lain adalah Passing karya Gisela Levy dari Jakarta yang mendapat sontekan dana Rp10 juta dan dua kursus pendek penulisan naskah dari SAE Indonesia. Film Make a Wish karya Adventio Diyar dari Surakarta mendapat Rp8 juta dan satu kursus pendek penulisan naskah dari SAE Indonesia.

 

Ketiga film itu nantinya akan ditayangkan perdana di EoS 2023. Sebelumnya, ketiga film bersaing dengan tujuh film lain yang masuk babak final pitching. Juri SFPP tahun ini adalah produser Gita Fara, sutradara dan produser Ifa Isfansyah, dan sineas Ali Munandar.

 

"Pemenang SFPP EoS tahun ini didominasi para pembuat film muda dari luar kota seperti Magelang, Kediri, Sidoarjo, Yogyakarta dan Solo. Hal ini membuktikan industri film Indonesia tidak hanya berpusat di Jakarta, namun semakin berkembang ke daerah lainnya di Indonesia dan Europe on Screen siap mendukung pertumbuhan ini,” kata ko-direktur festival EoS Meninaputri Wismurti dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Minggu, (26/6). Di samping itu, meski pemutaran film-film EoS secara luring telah berakhir kemarin, publik masih bisa menonton 28 film secara daring di situs Festival Scope secara gratis hingga 30 Juni. (M-1)

Baca Juga

Dok. Penerbit Banana

Nostalgia Penuh Tanda Tanya

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 07:30 WIB
BANYAK orang memiliki perjalanan hidup yang penuh warna dan...
Dok. Penerbit Baca

Meraih Kebahagiaan dengan Vibrasi Positif

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 07:25 WIB
Setiap bab dalam buku King seakan menjadi pelepas dahaga akan kebuntuan dan kepenatan yang kerap dialami seseorang di dunia...
Instagram

Kisah-Kisah Sejarah di Panggung Perdana Festival Musikal Indonesia

👤Devi Harahap 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 00:15 WIB
Selama Sabtu dan Minggu ini (20-21/08), publik Ibu Kota dapat menikmati berbagai sajian musikal dengan benang merah sejarah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya