Sabtu 07 Mei 2022, 07:10 WIB

Rupa-Rupa Robot Kiwari

Putri Rosmalia | Weekend
Rupa-Rupa Robot Kiwari

Dok. 123RF
Ilustrasi AI

 

KEHADIRAN robot dalam kehidupan manusia sudah semakin tak terelakkan. Kini, robot tak lagi hanya hadir untuk membantu pekerjaan yang sulit untuk dilakukan manusia. Para insinyur dan perusahaan teknologi di berbagai negara berlomba-lomba menciptakan robot dengan kemampuan yang variatif, bahkan unik. Robot-robot termutakhir juga banyak diciptakan dengan tujuan memudahkan kegiatan sehari-hari manusia.

Robot-robot mutakhir yang dihadirkan untuk meningkatkan produktivitas manusia tersebut umumnya juga sudah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI). Dilansir dari intel.com, Kamis (5/5), secara garis besar robot terbagi atas dua kelompok utama. Pertama ialah robot yang memiliki kemampuan bergerak bebas di lingkungannya dan robot yang statis.

Robot statis ada dua jenis, yaitu articulated robots dan cobots. Sementara itu, robot yang dapat bergerak lebih bebas ada empat jenis, yakni autonomous mobile robots (AMRs), automated guided vehicles (AGVs), humanoids, dan hybrids.

Articulated robots dikenal juga sebagai robot tangan atau memiliki bentuk dan kemampuan seperti tangan manusia untuk melakukan berbagai hal. Cobots merupakan robot yang juga memiliki beberapa kemampuan untuk membantu pekerjaan manusia seperti memilah barang atau mengangkut sesuatu di satu titik tertentu.

AMRs memiliki kemampuan menangkap gambar atau sensor untuk menentukan sendiri tindakan yang akan dilakukan. Misalnya untuk memilih tempat yang akan didisinfeksi. Sementara itu, AGVs bergerak mengikuti jalur yang sudah ditentukan oleh operator atau sistem.

Adapun robot humanoids merupakan robot yang dibuat dengan bentuk dan kemampuan menyerupai manusia. Sementara itu, robot hybrids merupakan robot canggih yang merupakan kombinasi dari jenis-jenis robot lainnya.

Sebagai contoh, berikut ini beberapa robot canggih termutakhir yang telah atau tengah dikembangkan baik oleh peneliti maupun perusahaan teknologi di berbagai negara.

 

1. MobED

Dok. HYUNDAIMOTORGROUP

 

MobED merupakan robot yang dikembangkan perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group. Robot tersebut baru saja dirilis di awal 2022. Memiliki bentuk seperti mobil dengan empat buah roda dan bidang utama mendatar di bagian tengah.

Robot tersebut memiliki kemampuan untuk mengantar barang, pemandu arah, hingga untuk membantu aktivitas kaum disabilitas. Kemampuan sistem MobED untuk melakukan berbagai hal dapat diatur dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada robot.

Hyundai berencana segera memasarkan dan mengembangkan MobED agar dapat memiliki kemampuan yang lebih canggih.

 

2. Yummy Future’s Robotic Coffee Shop

Dok. YUMMY FUTURE

 

Ini merupakan robot canggih pembuat kopi yang dikembangkan oleh perusahaan Yummy Future asal AS. Robot tersebut memiliki kemampuan selayaknya barista yang membuat kopi secara manual dan profesional.

Robot tersebut bisa membuat kopi dalam waktu singkat, lpl kurang dari 30 detik setiap gelas. Sistem di robot akan dapat membaca pesanan uang dimasukkan komputer yang terhubung dengan sistemnya dan secara bertahap akan membuat menu kopi yang dipesan. Ketika kopi jadi robot akan memberi informasi dan meletakkan kopi di meja untuk bisa disajikan.

Dengan menggunakan robot pembuat kopi dari Yummy Future, nantinya pemilik kedai kopi akan bisa bekerja lebih efisien dan fokus pada pelayanan serta interaksi di meja pelanggan. Sementara itu, pembuatan kopi akan dapat diserahkan pada robot.

 

3. Tocabi Humanoid

Dok. DYNAMIC ROBOTICS SYSTEMS LAB

 

Tocabi merupakan salah satu robot humanoid paling anyar yang ada saat ini. Robot tersebut dikembangkan oleh Dynamic Robotics Systems Lab dan tim dari New Jersey Institute of Technology.

Layaknya robot humanoid pada umumnya Tocabi memiliki berbagai kemampuan layaknya yang bisa dilakukan manusia. Seperti berjalan, berlari, hingga menggunakan kedua tangan untuk aktivitas.

Hal yang membuat Tocabi jadi lebih spesial jika dibandingkan dengan robot humanoid lain yang juga telah dikembangkan, robot ini dapat dikontrol dari jarak hingga mencapai ribuan meter.

Dengan kelebihan tersebut, Tocabi diproyeksikan dapat membantu berbagai hal yang sulit dilakukan manusia secara langsung. Salah satunya yang terpenting ialah untuk membantu pencarian korban di lokasi bencana yang sulit terjangkau.

 

4. Moley Robotic Kitchen

Dok. MOLEY ROBOTIC KITCHEN

 

Ini adalah robot yang diciptakan khusus untuk membantu manusia membuat dan menikmati hidangan lezat dengan lebih mudah serta praktis. Robot ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi yang berbasis di London, Moley Robotic.

Layaknya koki profesional, robot ini dapat memasak ratusan resep masakan dari berbagai negara. Sistem pada robot akan dapat membaca dan memahami cara memasak sesuai resep yang diinginkan oleh pemiliknya.

Tinggal siapkan bahan-bahan dan atur menu apa yang akan dimasak, robot tersebut secara otomatis akan mulai memasak sesuai tahapan yang telah diinformasikan pada sistem. Robot tersebut bahkan telah dilengkapi kemampuan untuk memperkirakan takaran bumbu yang pada pada setiap ukuran makanan yang dimasak.

Selain=n itu, robot tersebut juga dapat berfungsi sebagai penyimpan rencana menu makan, daftar bahan makanan, hingga mengingatkan program diet dan banyaknya kalori dari setiap makanan yang akan dikonsumsi.

 

5. Robot Pengecap

Dok. UNIVERSITY OF CAMBRIDGE

 

Berbeda dengan robot lain yang sudah rampung dan memiliki nama, robot pengecap ini masih dalam tahap pengembangan. Para insinyur dari Universitas Cambridge yang saat ini tengah berupaya memaksimalkan performa robot tersebut.

Namun, pada intinya robot tersebut dibangun untuk bisa memiliki kemampuan mengecap atau menentukan kesesuaian rasa dari setiap masakan. Sistem di dalam robot tersebut dibangun agar tidak hanya dapat sekadar memasak berbagai menu, robot tersebut juga bisa menentukan sendiri tekstur dan rasa terbaik dari setiap masakan yang dibuat.

Dengan begitu, nantinya pemilik robot tak perlu lagi mengatur dan menyiapkan takaran bahan serta bumbu. Semuanya tinggal diserahkan pada robot tersebut. Saat ini robot tersebut baru dapat memasak telur dengan ragam tekstur dan rasa. (M-2)

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...
CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya