Jumat 22 April 2022, 16:30 WIB

Hati-hati, Ini Bahaya Sering Tidur di Samping Laptop

Nike Amelia Sari | Weekend
Hati-hati, Ini Bahaya Sering Tidur di Samping Laptop

Unsplash.com/Jay Wennington
Jangan biasakan tidur di samping laptop yang masih menyala

 

Menggunakan laptop hingga tertidur memberikan dampak buruk pada kualitas tidur yang pada akhirnya memicu kesehatan yang buruk. Bahaya lainnya ialah  potensi komputer rusak.  Jika Anda bergerak dalam tidur Anda, yang hampir pasti Anda lakukan, Anda dapat menjatuhkan laptop dari tempat tidur ke lantai.  Jika Anda tidak beruntung, ini dapat membuat perangkat keras itu  tidak berfungsi di pagi hari.

Namun, bahayanya tidak terbatas pada komputer saja melainkan juga pada kesehatan tubuh.  Lima risiko inti muncul jika Anda mencoba untuk beristirahat pada malam hari sebelum memindahkan laptop dari sekitar Anda.  Ini adalah penjelasan mengapa para ahli menganggap tidur di samping laptop buruk, seperti dikutip dari situs Sleep Bubble.

 1. Cahaya terang

 Sleep and Biological Rhythms membahas bagaimana penggunaan peralatan elektronik di malam hari, termasuk laptop, mengurangi kualitas tidur yang kita nikmati.  Hal ini terutama disebabkan oleh cahaya terang layar, yang dapat membuat kita tetap terjaga meskipun kita tidak menatap lurus ke arahnya.

 Layar laptop berjalan pada panjang gelombang biru yang dirancang untuk membuat kita tetap tajam dan waspada secara mental.  Itu bagus jika Anda menggunakan laptop Anda untuk bekerja di siang hari.

 Jika Anda harus tidur di samping laptop, gunakan filter cahaya biru untuk meminimalkan paparan cahaya.  Ini akan menghentikan mata Anda dari tertarik ke layar dan menjaga otak Anda tetap terjaga.  Akan lebih baik menghindari segala jenis cahaya layar di malam hari.

2.  Suhu lebih Tinggi

 Laptop juga menjadi panas.  Semua laptop memiliki kipas pendingin untuk mencegah komputer menjadi tidak nyaman saat digunakan.  Namun suhu laptop akan selalu meningkat seiring waktu.  Jika itu di kepala Anda di tempat tidur, itu bukan hal yang baik.

 Jadi, mengapa panas dari laptop buruk bagi Anda?  Kita semua tidur lebih nyenyak di ruangan yang sejuk, dengan panas yang berlebihan membuat kita tetap terjaga.  Laptop panas di atas bantal atau seprai akan menggangu tidur malam.

 Ada juga risiko kebakaran yang berasal dari panas yang berlebihan.  Semakin panas laptop Anda bekerja, semakin besar risiko kebakaran listrik, terutama jika ditambah dengan panas tubuh dan seprai atau piyama katun yang mudah terbakar.
 
3. Bising

Dengung laptop berasal dari penggunaan yang lama, karena kipas pendingin semakin bekerja terlalu keras. Maka dari itu , laptop dapat membuat suara mengganggu sepanjang malam.  Anda mungkin menerima suara pemberitahuan, seperti peringatan untuk email baru atau pembaruan situs web. Ini akan bisa terus membangunkan Anda semalaman.

4. Radiasi

Advance in Electronic and Electric Engineering mengkonfirmasi bahwa penggunaan laptop membuat kita terpapar pada tingkat radiasi yang rendah, seperti halnya ponsel.  Pertanyaannya, apakah radiasi komputer berbahaya?

Secara alami, segala jenis radiasi berbahayai. Yang terbaik adalah tidak tidur di samping laptop.  Pendapat bervariasi mengenai seberapa besar kerusakan radiasi komputer.  Beberapa mengklaim bahwa radiasi tidak memiliki intensitas dan frekuensi untuk merusak, sementara yang lain tidak setuju.

Mereka yang menyatakan keprihatinan atas penggunaan laptop percaya bahwa dampak jangka panjang timbul dari menjaga laptop terlalu dekat.  Misalnya, American Society for Reproductive Medicine menghubungkan radiasi laptop yang berkepanjangan dengan penurunan kesuburan.

Kekhawatiran atas kanker kulit juga telah diangkat tentang radiasi laptop.  Ini berarti bahwa tidak masalah jika Anda percaya pada kekhawatiran yang dikeluarkan seputar laptop, yang terbaik adalah menghindari tidur di dekat perangkat keras semacam itu.

5.  Dampak Psikologis

 Bahaya terbesar dari tidur dengan laptop di sebelah Anda adalah godaan.  Remaja, khususnya, cenderung memeriksa akun media sosial mereka di smartphone dan tablet hingga larut malam. Ini tidak berarti bahwa waktu layar di malam hari hanya menjadi masalah bagi remaja saja, ini bisa terjadi juga pada usia lainnya. (M-4)

 

Baca Juga

unsplash.com/yns plt

Tidak hanya Fisik, Olahraga Panjat Dinding Ternyata juga baik bagi Kesehatan Mental

👤Devi Harahap 🕔Senin 23 Mei 2022, 06:59 WIB
Para ahli mengatakan olahraga ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan fisik dan mental yang tidak selalu ditemukan pada olahraga...
Ist

Tips Memilih Riasan Wajah Sesuai Warna Kulit

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 06:00 WIB
Make-Up Artist (MUA) sekaligus kreator konten kecantikan di TikTok Alma Tando membagikan sejumlah tips untuk memilih riasan pada wajah...
MI/HO

Kolaborasi Timex dan ORBITGear Hadirkan Jam Tangan Totem

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 22 Mei 2022, 08:45 WIB
Kolaborasi ini menghadirkan jam tangan bergaya militeristik, teknikal, fungsional, multifungsi, dan mampu beradaptasi  dalam kondisi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya