Selasa 12 April 2022, 10:19 WIB

Gitar Biru Kurt Cobain Diperkirakan Terjual Rp11,4 Miliar

Mediaindonesia.com | Weekend
Gitar Biru Kurt Cobain Diperkirakan Terjual Rp11,4 Miliar

Antara
Gitar biru Kurt Cobain yang akan dilelang.

 

Gitar biru ikonik Kurt Cobain yang ditampilkan dalam video musik "Smells Like Teen Spirit" Nirvana tahun 90-an diperkirakan akan terjual hingga US$800 ribu atau sekitar Rp11,4 miliar dalam sebuah lelang yang digelar bulan depan.

Direktur eksekutif Julien's Auctions Martin Nolan mengatakan gitar keluaran pabrikan Fender pada 1969 itu dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling terkenal di musik rock, mengingat video "Smells Like Teen Spirit" telah ditonton lebih dari 1,4 miliar kali di YouTube.

"Ini adalah salah satu gitar paling ikonik yang pernah datang ke blok lelang. Ini adalah gitar Mustang Fender biru, salah satu gitar favorit Kurt Cobain sepanjang masa," kata Nolan kepada Reuters, dikutip Selasa (12/4).

Nolan mencatat bahwa selama ini gitar biru tersebut disimpan oleh pihak keluarga sejak kematian Cobain pada 1994.

Gitar yang akan dilelang itu masih dilengkapi dengan kotak pembungkus asli dan tali gitar. Kondisi gitar ini, kata Nolan, sangat penting bagi kolektor ketika mereka datang ke acara lelang untuk mengetahui keasliannya.

Gitar Cobain menjadi benda yang paling disorot dalam lelang bertajuk "Music Icons" oleh Julien's Auctions, yang berlangsung di New York dan secara daring mulai 20 hingga 22 Mei.

Nolan mengatakan rumah lelang mematok kisaran harga untuk gitar biru itu dari US$600 ribu hingga US$800 ribu (Rp8,6 hingga 11,4 miliar). Meski demikian, ia mencatat bahwa harga tersebut termasuk "perkiraan lelang yang sangat konservatif".

Rumah lelang mengatakan sebagian dari hasil penjualan akan disumbangkan ke badan amal kesehatan mental.

Lelang juga menampilkan barang-barang lainnya, termasuk gambar Michael Jackson yang dibuat oleh Kurt Cobain, diperkirakan akan terjual hingga US$40 ribu (Rp574,5 juta). Salah satu mobil Cobain, Dodge Dart 1965, diperkirakan akan terjual antara US$400 ribu hingga US$600 ribu  (Rp5,7 hingga 8,6 miliar).  (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

AFP

Indikator Iklim Kritis Memecahkan Rekor pada 2021

👤Adiyanto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 10:42 WIB
Kekeringan dan banjir memicu kenaikan harga pangan yang diperparah pada tahun...
AFP

Album Milik John Lennon dan Memorabilia Musik Koleksi Penyiar BBC ini bakal Dilelang

👤adiyanto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 09:08 WIB
Sejumlah artefak yang akan dilelang itu termasuk album Two Virgins milik John Lennon dan Yoko Ono, yang dirilis dalam bentuk piringan hitam...
Dok. Converse

Kolaborasi dengan A-COLD-WALL* Hadirkan Konsep Baru Sepatu Converse 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 22:56 WIB
Ketika mengkonsep siluet terbaru ini, para desainer merujuk pada ruang gerak lari yang telah sejak lama menjadi sumber acuan kenyamanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya