Minggu 10 April 2022, 05:05 WIB

Ujang Margana : Menggunakan Teknologi Internet

(*/M-1) | Weekend
Ujang Margana : Menggunakan Teknologi Internet

MI/SUMARYANTO BRONTO
SOSOK petani milenial Ujang Margana

 

SOSOK petani milenial yang berasal dari keluarga petani ialah Ujang Margana. Ujang yang berasal dari Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Jawa Barat, berayahkan petani yang mumpuni di komoditas sayuran.

Setelah menjadi sarjana pendidikan pada 2015, Ujang memiliki tekad meneruskan kerja ayahnya. Sejak SMA ia memang telah ikut menjadi petani dan berhasil membantu sang ayah mendapat hasil panen senilai Rp35 juta.

Bersama sang kakak dan petani lainnya, ia berupaya membuat perubahan dengan membentuk kelompok tani Tricipta. "Kita membuat kelompok tani ini karena awalnya kita melihat keluhan-keluhan, biasanya para petani hanya fokus bercocok tanam. Setelah panen, petani itu bingung mau jual ke mana," jelasnya.

Lewat kelompok tani itu, Ujang bisa meningkatkan produksi dan mengatasi kendala yang ada, dengan yang awalnya menggarap 1 hektare lahan hingga menjadi 35 hektare. Lahan seluas tersebut saat panen bisa menghasilkan 25 ribu ton bawang merah. Tak hanya itu, sebagai petani milenial, Ujang sudah menerapkan sistem pertanian yang mengadopsi internet of things (IoT).

Pada 2016, lonjakan harga bawang merah membuat kelompok taninya ikut membantu memasok bawang merah kepada pemerintah guna menstabilkan harga. Mereka memasok 150 ton bawang merah ke Bulog walaupun dengan harga di bawah rata-rata harga pasar.

Sementara itu, dalam usaha pengembangan dan peningkatan inovasi dan teknologi pertanian, kelompok tani Tricipta berusaha mengembangkan kegiatan penangkaran benih dan menjadi satu-satunya produsen benih bawang merah di Kabupaten Bandung. Hal itu disebabkan pada tahun-tahun sebelumnya kebutuhan benih bawang merah Kabupaten Bandung masih bergantung pada daerah lain.

Bagi Ujang, sektor pertanian menjadi sektor yang menjanjikan untuk generasi muda yang cerdas dan inovatif. Tayangan Kick Andy kali ini juga menampilkan prosesi wisuda petani milenial angkatan 2020/2021 secara simbolis dengan lima petani milenial yang mewakili 1.249 petani milenial yang sudah selesai mengikuti program Petani Milenial. Simak tayangan selengkapnya hanya di Metro TV malam ini. (*/M-1)

Baca Juga

CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...
123rf

Setop Minum Paracetamol Saat Hamil

👤Thalatie K Yani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:40 WIB
Penelitian terbaru menemukan paracetamol yang dikonsumsi saat hamil bisa menyebabkan anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya