Jumat 08 April 2022, 07:15 WIB

Wah! Kebiasaan Mendengarkan Podcast Bisa Menunjukkan Kepribadian

Nike Amelia Sari | Weekend
Wah! Kebiasaan Mendengarkan Podcast Bisa Menunjukkan Kepribadian

Cowomen/ Unsplash
Podcast

 

DALAM sebuah penelitian yang dilakukan ke lebih dari 300 peserta menemukan jika orang yang mendengarkan podcast memiliki rasa ingin tahu secara intelektual yang tinggi, lebih terbuka, dan lebih terpenuhi kebutuhan kognisinya.

Tim peneliti dari Queensland University of Technology, Australia mengajukan pertanyaan kepada lebih dari 300 peserta tentang kebiasaan mereka mendengarkan podcast dan membandingkannya dengan ciri kepribadian dan alasan mereka mendengarkan.

"Seperti yang diperkirakan, kami menemukan bahwa orang-orang yang lebih terbuka terhadap pengalaman, keingintahuan epistemik (pengetahuan dengan pembuktian), dan lebih terbuka akan kebutuhan kognisi . Ini menunjukkan bahwa mereka yang mendengarkan podcast memiliki kebutuhan informasi yang lebih kuat," kata tim seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Rabu (6/4).

Lebih lanjut tim menjelaskan jika temuan itu konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa keterbukaan, rasa ingin tahu, atau kebutuhan akan kognisi yang terkait dengan penggunaan teknologi baru.

Pada studi yang telah dipublikasikan di jurnal PLOS ONE tersebut juga menunjukkan jika hasil penelitian bertentangan dengan pendapat bahwa orang mendengarkan podcast bukan karena alasan mindfulness dan karena mereka kecanduan ponsel.

Lebih lanjut, ketika tim memeriksa faktor lainnya, tim menemukan bahwa peserta yang lebih tinggi dalam neurotisisme cenderung tidak mendengarkan podcast. Kepribadian neurotisisme merujuk pada orang yang memiliki kecenderungan terhadap emosi negatif, seperti kemarahan, kecemasan, dan keraguan diri yang tidak stabil.

Peserta dari berbagai negara diminta untuk mengisi kuesioner daring yang menilai lima besar faktor kepribadian. Yakni, rasa ingin tahu, kebutuhan akan kognisi, kebutuhan untuk menjadi bagian masyarakat, usia, dan jenis kelamin. Mereka juga diminta menyertakan hal teknis terkait mendengarkan podcast, seperti jumlah acara podcast yang didengarkan, format, pengaturan, dan perangkat.

Pria terlihat lebih cenderung mendengarkan podcast daripada wanita. Secara keseluruhan, tim mengatakan temuan mereka mendukung gagasan bahwa motif informasional dapat berperan dalam mendengarkan podcast, dan bahwa beberapa aspek mendengarkan dikaitkan dengan hasil positif.

Meski begitu penelitian ini tidak menjabarkan pengaruh jenis podcast yang didengarkan untuk menghasilkan dampak positif itu. Dengan begitu, belum tentu semua jenis podcast menghasilkan dampak positif. (M-1)

Baca Juga

Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...
CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya