Rabu 06 April 2022, 10:22 WIB

Jangan Pernah Mengisi Daya Perangkat Elektronik di atas Kasur

Nike Amelia Sari | Weekend
Jangan Pernah Mengisi Daya Perangkat Elektronik di atas Kasur

Unsplash.com/Martin Castro
Ilustrasi: Laptop dan HP di tempat tidur

 

Beberapa orang suka mengisi daya ponsel atau gawai lainnya di atas tempat tidur atau kasur agar benda tersebut mudah diraih saat beristirahat. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan itu karena risikonya besar.

Kabel yang terbukal, kata Brad Nichols, teknisi di perusahaan layanan perbaikan teknologi Staymobile, dapat memicu kebakaran  “Setiap kali Anda menggunakan elektronik yang rusak atau kabel yang terbuka, selalu ada risiko kebakaran,” katanya, seperti dikutip dari thehealthy.com, Selasa (5/4).

"Jika Anda memiliki kabel yang terkelupas atau semacamnya, lebih baik menggantinya daripada mencoba memperbaikinya, ” lanjutnya.

Sebagian besar ponsel atau gawai tanpa cacat mungkin tidak akan terlalu panas dan menyebabkan kebakaran, tetapi itu bukan tidak mungkin, Nichols memperingatkan.  Dan risikonya bertambah jika ponsel atau gawai bekerja lembur sehingga memicu panas dan tergelincir di bawah bantal Anda.  

“Masalahnya adalah ketika ditutup bantal  tidak membiarkan panasnya keluar. Jadi bantal atau selimut yang menutupi ponsel Anda yang sudah terlalu panas bisa memicu kecelakaan atau kebakaran," katanya. Apalagi jika Anda tertidur dengan ponsel yang masih berfungsi saat mengisi daya seperti memutar musik atau video.

Dia menyarankan demi menjaga keamanan, Anda dapat mengikuti pedoman pabrikan dengan mengisi daya di permukaan datar tanpa bahan yang mudah terbakar di sekitarnya, dan pastikan tidak ada benda asing di konektor atau steker. 

Nichols juga mengingatkan Anda harus mengawasi ponsel saat mengisi daya. Jika ponsel Anda mulai terlalu panas, baik dari matahari atau pengisian daya, matikan untuk membantu mendinginkannya.  “Jika sangat panas sehingga Anda tidak bisa menyentuhnya, kemungkinan besar ada yang salah dengannya,” kata Nichols.  Bawa ke operator ponsel Anda atau layanan perbaikan untuk memastikan itu bukan risiko keamanan.(M-4)

Baca Juga

dok: Visicita Network

Dokumenter Start from Scratch Jadi Pembuka Festival Flavs 2022

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:51 WIB
Flavs Festival 2022 tahun ini akan berlangsung pada 10-11 September secara...
Dok. Instagram @infotitimangsa

Kembali Dipentaskan, Monolog Inggit Garnasih Lebih Segar dengan Konsep Musikal

👤Devi Harahap 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:15 WIB
Telah dipentaskan 13 kali, monolog Inggit Garnasih tertunda dua tahun ini akibat...
Dok. ZYNGA

Tiktok Uji Coba Fitur Bermain Gim

👤M-2 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:20 WIB
TIKTOK tengah menguji coba fitur terbaru mereka terkait dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya