Kamis 17 Maret 2022, 08:07 WIB

Jerman Tambah 17 Restoran Baru Bertaraf Dunia

Devi Harahap | Weekend
Jerman Tambah 17 Restoran Baru Bertaraf Dunia

unsplash.com/Dimitry Anikin
Ilustyrasi: Salah satu kafe dan restoran di Wernigerode, Jerman.

 

Edisi baru buku panduan restoran gourmet Michelin yang baru saja diperkenalkan ke publik pada Rabu (9/3) telah menambahkan 17 restoran "Michelin Star" di Jerman tahun ini, sehingga totalnya menjadi 327 restoran.

Direktur Michelin Jerman, Ralf Flinkenflugel, mengatakan bahwa penutupan restoran selama pandemi covid-19 memberi banyak waktu kepada koki untuk menyempurnakan masakan mereka, bereksperimen dengan hidangan kreatif, dan melakukan banyak hal dengan lebih baik.

Kepada kantor berita DPA, Flinkenflugel mengatakan bahwa tahun lalu sangat sulit bagi pemilik restoran dan sangat menakjubkan betapa mereka kini bisa menguasai semuanya.
"Ini adalah tahun rekor. Itu sangat mengejutkan kami," katanya Ralf Flinkengflugel dilansir Indian Express, pada Senin (14/3).  

Jerman juga menambahkan restoran "bintang tiga" baru pada 2022, yang merupakan peringkat tertinggi dan paling eksklusif dari Michelin.

The Schanz Restaurant yang terletak di kawasan penghasil anggur di Rhineland-Palatinate dekat sungai Moselle, hanya menjadi satu dari sembilan restoran Michelin Star di Jerman dengan tiga bintang Michelin.

"Para inspektur pengawas memiliki satu pendapat, bahwa masakan di sini benar-benar kelas dunia, pemilik dan koki Thomas Schanz menciptakan hidangan yang kaya akan kemahiran, kepribadian, dan ekspresi." tulis buku panduan Michelin.

Restoran Michelin Star dengan bintang tiga lainnya di Jerman terletak di desa-desa terpencil di Rhineland-Palatinate dan di Saarland yang berdekatan. Ada satu yang terletak di Danau Tegernsee di Bavaria, dan masing-masing satu di Berlin dan Hamburg. Desa kecil Black Forest di Baiersbronn memiliki dua restoran bintang tiga.

Sebanyak 46 restoran naik peringkat untuk mendapatkan peringkat "bintang dua" pada  2022. Secara total, 31 restoran baru mengklaim bintang tunggal. Buku Panduan Michelin yang diterbitkan oleh perusahaan ban Prancis sebagai panduan perjalanan sejak 1904, dianggap sebagai salah satu buku panduan kuliner top dunia.

Dilansir dari Michelin Giude, bagi dunia kuliner, bintang Michelin merupakan penghargaan yang diberikan untuk masakan yang luar biasa. Gelar ini diberikan dengan memperhitungkan kualitas bahan, harmoni rasa, penguasaan teknik, kepribadian koki seperti yang tergambarkan dalam masakannya, dan konsistensi dari waktu ke waktu di seluruh menu.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tahunan yang diberikan untuk restoran-restoran tempat buku panduan Michelin (Michelin Guide) diterbitkan. Setiap tahun, mereka terus mencari “bintang” baru dan menilai kembali restoran berbintang yang ada untuk memastikan standar masakan yang sama tinggi ketika ditawarkan kepada tamu.

Restoran bintang tiga Michelin menawarkan menu santapan terbaik dan dijalankan oleh koki yang diakui di seluruh dunia atas kontribusi mereka terhadap dunia kuliner. (M-4)

Baca Juga

MI/ Agus Mulyawan

Segar dan Kaya Rasa dari Hotel Legendaris Bogor

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:00 WIB
Paduan bumbu sup dan rempah seperti kapulaga dan kayu manis, membuat sop buntut hotel Salak the Heritage, segar dan...
MI/Tosiani

Mengenang Sapardi, Iluni dan PPKB FIB UI Gelar Lomba Puisi untuk Siswa SLTA

👤Adiyanto 🕔Senin 04 Juli 2022, 08:25 WIB
Lomba puisi ini bertujuan untuk mengenalkan karya-karya Sapardi di kalangan generasi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho G

Studi: ASI Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak pada Keluarga Miskin

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 04 Juli 2022, 07:30 WIB
Penelitian yang dilakukan pada 6 ribu anak tersebut dilakukan pada kalangan keluarga miskin di berbagai wilayah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya