Sabtu 12 Maret 2022, 07:30 WIB

Sederet Kejutan Apple di Awal 2022

Putri Rosmalia | Weekend
Sederet Kejutan Apple di Awal 2022

AFP/BROOKS KRAFT/APPLE, INC.
CEO Apple, Tim Cook, mengumumkan berbagai produk dan fitur baru yang dirilis Apple di 2022.

 

SEDERET produk baru dipertunjukkan Apple Inc bagi para penggemarnya di 2022. Penggemar produk-produk berlambang apel tergigit ini kembali dimanjakan dengan produk gawai hingga fitur-fitur baru yang variatif.

Dalam tayangan Apple Event 2022 pada Selasa (8/3), CEO Apple, Tim Cook, mengatakan berbagai produk dan fitur baru yang dirilis Apple di 2022 disesuaikan dengan kebutuhan pengguna Apple akan produk yang canggih, mumpuni, dan lebih ramah di kantong.

“Kami ingin membantu pengguna kami lebih mudah terhubung, produktif, juga mendapat hiburan,” ujar Tim Cook.

Berikut ini produk-produk yang dihadirkan Apple untuk mengawali tahun 2022.

 

Apple TV+

Apple terlihat sangat serius mengembangkan layanan video atau tayangan berbayar mereka tersebut. Hal itu terlihat dengan terus dikembangkan dan ditambahkannya konten-konten di Apple TV+.

Tak hanya akan menayangkan fi lm dan serial box offi ce, Apple juga akan menghadirkan program-program asli atau orisinal Apple. Mulai dari berbagai genre fi lm, serial, hingga dokumenter. Bagi pengguna Apple yang menyukai bisbol, Apple TV+ menjadi salah satu platform yang secara eksklusif menayangkan pertandingan olahraga tersebut secara langsung.

Apple TV+ dapat dinikmati dari seluruh perangkat Apple, mulai dari iPhone, iPad, MacBook, dan Apple TV.

 

 

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Tak hanya pada fitur atau teknologi, tahun ini Apple juga memberi perhatian lebih dalam hal estetika produknya. Hal itu terlihat dari keputusan Apple untuk menghadirkan pilihan warna baru iPhone 13 dan iPhone 13 Pro.

iPhone 13 akan memiliki pilihan warna bold new green, sementara itu iPhone 13 Pro akan memiliki pilihan warna alpine green. Keduanya merupakan warna hijau yang diciptakan dengan palet warna khusus oleh Apple untuk menghadirkan tampilan lebih elegan.

Tak ada yang akan berubah dari sisi fitur atau teknologi kedua jenis gawai tersebut. Pembaruan sepenuhnya hanya akan dihadirkan dari sisi warna.

 

 

iPhone SE 3 (2022)

Ini merupakan salah satu produk gawai Apple yang paling ditunggu pasar di 2022. Tentu saja karena iPhone SE merupakan satu-satunya produk telepon pintar Apple yang dijual dengan harga terjangkau.

iPhone SE 3 (2022) merupakan seri terbaru yang mulai dijual Apple di Maret 2022 ini. Sebelumnya, seri terakhir iPhone SE dirilis di 2020.

Generasi terbaru iPhone SE ini memiliki desain yang cenderung sama dengan tipe pendahulunya. Tipe 2022 hadir dengan ukuran layar 4,7 inci dengan bezel bagian bawah dan atas layar yang masih lebar.

Namun, pembaruan dihadirkan dari sisi perangkat. Tipe ketiga telah memiliki kemampuan untuk beroperasi di jaringan 5G. Apple juga telah menyematkan fitur Face ID sebagai pembaruan sistem keamanan. Untuk kamera, iPhone SE 3 (2022) memiliki kamera belakang resolusi 12 MB dan kamera depan resolusi 7 MB.

Terkait harga, iPhone SE 3 (2022) dijual dengan harga sekitar Rp6 juta.

 

 

iPad Air 5

Penggemar produk iPad akan semakin dimanjakan dengan performa iPad terbaru, iPad Air 5. Tipe ini sudah dilengkapi dengan chipset M1 yang diklaim memiliki performa dan kecepatan dua kali lebih baik daripada pendahulunya. Apple juga mengklaim iPad Air 5 akan memiliki performa yang lebih baik, mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan laptop Windows tercanggih yang ada di pasaran saat ini.

Penggunanya juga akan dapat berselancar di dunia maya dengan lebih lancar karena sudah dilengkapi dengan jaringan 5G.

Kamera di gawai ini sudah setara profesional dengan kamera depan ultra-wide yang resolusinya mencapai 12 MP. Gawai ini juga dilengkapi dengan pilihan magic keyboard dan smart keyboard folio agar tampilan tak membosankan.

Ada lima pilihan warna, yakni midnight, starlight, pink, purple, dan blue. Terkait harga, iPad Air 5 dijual mulai dari sekitar Rp8 juta.

 

 

Cip terbaru M1 Ultra

Setelah M1, M1 Pro, dan M1 Max, tahun ini Apple merilis karya terbaru mereka, M1 Ultra. Cip ini merupakan gabungan dari dari dua chipset M1 Max. Keduanya digabungkan menggunakan arsitektur buatan Apple bernama UltraFusion.

UltraFusion menciptakan system on a chip (SoC) yang diklaim akan memiliki performa dan kecepatan hingga delapan kali lebih baik daripada seri-seri cip mereka sebelumnya.

Cip supercanggih ini akan memiliki kemampuan setara CPU 20 core, yang terdiri atas 16 core kencang dan 4 core efisien, GPU 64 core, dan 32 core Neural Engine. Lalu kapasitas RAM-nya pun menembus 128 GB. Cip ini akan digunakan perdana di perangkat bernama Mac Studio.

 

 

Mac Studio

Mac Studio merupakan desktop terbaru Apple. Ini juga merupakan perangkat pertama yang akan mulai menggunakan cip terbaru Apple M1 Ultra. Dengan M1 Ultra, Mac Studio diklaim akan menjadi perangkat mini PC tercepat dan tercanggih di dunia.

Mac Studio tersedia dalam pilihan cip M1 Max dan M1 Ultra. Max Studio dengan cip M1 Max dijual dengan harga sekitar Rp27 juta. Adapun yang menggunakan cip M1 Ultra dijual dengan harga sekitar Rp56 juta.

Ukuran dari Mac Studio hanya sebesar 3,7 inci atau selebar 9 cm persegi. Sangat kompatibel dan tidak memakan tempat.

Dengan kehadiran cip M1 Ultra, Mac Studio diklaim akan memiliki kecepatan hingga 3,8 kali jika dibandingkan dengan CPU PC tercanggih yang ada saat ini. Performa GPU-nya juga diklaim akan mencapai 4,5 kali lipat lebih baik ketimbang perangkat PC tercanggih yang ada saat ini.

 

 

Studio Display

Untuk melengkapi kehadiran cip dan perangkat desktop terbarunya, Apple juga menghadirkan perangkat layar komputer atau monitor terbaru mereka, Studio Display. Ini merupakan monitor canggih dengan lebar 27 inci dan resolusi 5G retina display.

Tak sekadar monitor, Studio Display dilengkapi kamera 12 MP yang berfungsi sebagai kamera webcam.

Monitor ini juga dilengkapi dengan 6 speaker, terdiri atas 4 woofer dan 2 tweeter. Terdapat pula tiga microphone. Agar dapat bekerja lebih responsif dan kompatibel dengan desktop Apple, monitor ini dilengkapi dengan cip Bionic A13.

Dalam hal kenyamanan, Apple juga menambahkan Studio Display dengan lapisan anti reflective coating dan nano texture glass agar pengguna bisa lebih nyaman di depan monitor. Untuk harga, monitor canggih ini dijual dengan harga sekitar Rp22 juta. (M-2)

Baca Juga

Dok. EoS

Ini Para Pemenang Pendanaan Film Pendek Europe on Screen 2022

👤Fathurrozak 🕔Senin 27 Juni 2022, 15:20 WIB
Tiga karya Indonesia memenangkan proyek pitching Europe on Screen...
Tolga Akmen / AFP

Diragukan Keasliannya, Seluruh Lukisan Karya Basquiat di Museum Seni Orlando Disita Polisi

👤Devi Harahap 🕔Senin 27 Juni 2022, 08:03 WIB
Menurut seorang desainer yang bekerja untuk Federal Express, instruksi tersebut menggunakan jenis huruf yang tidak digunakan sampai tahun...
 Unsplash.com/Duy Pham

Orang yang Punya Kesamaan Bau Badan Cenderung lebih Cepat Berteman

👤Devi Harahap 🕔Senin 27 Juni 2022, 07:56 WIB
Manusia mungkin mencium diri mereka sendiri dan orang lain secara tidak sadar, untuk memperkirakan kesamaan bau badan dan menilai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya