Minggu 23 Januari 2022, 05:20 WIB

Sopiar: Relawan Kaki Palsu

(*/M-1) | Weekend
Sopiar: Relawan Kaki Palsu

MI/SUMARYANTO BRONTO
Sopiar

 

DI Medan, Sumatra Utara, Sopiar alias Ramon berupaya berjuang bagi masyarakat sekitarnya dengan cara menjadi relawan Program 1.000 Kaki Palsu. Program itu dibuat Kick Andy Foundation (KAF) dan dijalankan dengan membagikan kaki palsu gratis.

Ramon juga merupakan pengguna kaki palsu akibat kecelakaan yang dialami pada 2008. Awalnya Ramon yang kala itu bekerja sebagai loper koran menggunakan kaki palsu dengan harga mahal.

Setelah kaki itu rusak dan ongkos perbaikan yang juga mahal, Ramon berusaha mencari kaki palsu lain. Seorang kenalan kemudian memberinya informasi tentang Sugeng Siswoyudono, pembuat kaki palsu yang juga digandeng Program 1.000 Kaki Palsu KAF.

Berhasil kontak dengan Sugeng, Ramon lalu diberi pelatihan untuk mengukur kaki palsu dengan benar sehingga pemesanan kaki palsu tidak perlu dengan datang langsung ke tempat sang pembuat kaki palsu di Mojosari, Mojokerto. Pelatihan itu terbukti membuat Ramon mendapat kaki palsu dengan ukuran tepat.

Sejak 2014, Ramon kemudian didapuk menjadi relawan program tersebut untuk wilayah Medan dan sekitarnya. Ramon mengaku senang dengan kepercayaan itu karena ia dapat menolong sesama penyandang disabilitas yang membutuhkan kaki palsu.

Jika dulu dirinya hanya bisa mengukur, Ramon bahkan kini bisa mereparasi jika ada kaki palsu yang rusak. “Membantu sesama yang membutuhkan kaki palsu bisa memuaskan hati saya. Sebab itu, begitu ada perintah untuk mengukur atau mereparasi kaki palsu di wilayah Medan dan sekitarnya, saya langsung kerjakan,” kata Ramon yang sekarang menjabat sebagai ketua cabang JNE di Kabupaten Serdang Bedagai, Medan, Sumatra Utara.

Baca Juga

MI

Sudoku edisi 15 Mei 2022

👤MI 🕔Minggu 15 Mei 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ikut Demo

👤M. Tiyok 🕔Minggu 15 Mei 2022, 05:55 WIB
MAU kemana Jon, bawa pisau...
Butet K

Bung Sentil: Otak Keruh

👤Butet K 🕔Minggu 15 Mei 2022, 05:35 WIB
ALHAMDULILLAH, sekarang minyak goreng gak langka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya