Senin 29 November 2021, 14:25 WIB

BCI Asia Kembali Gelar Kompetisi Desain Arsitektur dan Interior Skala Global

Nike Ameli sari | Weekend
BCI Asia Kembali Gelar Kompetisi Desain Arsitektur dan Interior Skala Global

Dok. Instagram @bciasia
poster lomba arsitektur

 

Perusahaan penyedia informasi proyek konstruksi lokal dan internasional, PT BCI Asia kembali menggelar acara kompetisi tahunan FuturArc Prize (FAP) 2022 untuk para mahasiswa atau lulusan baru. Selain itu, juga diadakan BCI Asia Interior Design Awards (IDA) 2022 untuk para profesional.

Setelah vakum selama satu tahun akibat pandemi covid-19, FAP 2022 kembali digelar untuk mencari ide-ide untuk mengubah atau mendesain ulang sebuah bangunan yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan bangunan ynag terbengkalai menjadi bangunan dengan fungsi baru yang nyaman, aman, berkelanjutan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan kota itu sendiri.

Dilansir dari instagram @bciasia, para peserta kompetisi FAP 2022 dapat menyulap bangunan kosong menjadi bangunan dengan fungsi baru, sebagai contoh bangunan kosong tersebut dapat menjadi pertanian komunitas bertingkat tinggi untuk berkontribusi pada pasokan makanan lokal atau taman dengan area bermain dan belajar anak-anak atau fasilitas umum untuk orang tua.

Mengusung tema "Reinterpretation", FAP 2022 digawangi oleh majalah FuturArc yang menyuarakan arsitektur hijau di Asia-Pasifik dan telah meraih berbagai penghargaan di Asia. Ajang tahunan ini dibuat khusus untuk mahasiswa dan lulusan baru tidak lebih dari dua tahun.

"Gedung-gedung kosong telah menjadi pemandangan yang makin jamak selama hampir dua tahun terakhir karena pandemi, terutama gedung-gedung komersial, seperti perkantoran dan ritel, serta tempat-tempat budaya, seperti museum dan galeri seni. Apa yang bisa kita lakukan terhadap bangunan yang strukturnya masih kokoh, namun fungsinya telah berkurang ini? Kita bisa menerjemahkan kembali bangunan-bangunan tersebut untuk mendukung aktivitas dan kehidupan masyarakat," tutur Anton Adianto, Assistant Publishing Manager, BCI Asia Publishing yang juga menjadi panitia kompetisi ini, dalam siaran pers BCI Asia, Jumat (26/11).

Selain FAP 2022, kompetisi tahunan yang juga dibuka kembali tahun ini ialah BCI Asia Interior Design Awards (IDA) 2022. Majalah konstruksi dan desain Construction+ memperuntukkan kompetisi ini bagi para profesional, juga firma arsitektur dan interior. Kompetisi ini dilangsungkan untuk mencari proyek-proyek interior terbaik yang sudah terbangun dan berfungsi sejak 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2021.
 
Dengan  tema "Size vs Space", IDA 2022 mengarahkan proyek yang masuk akan dinilai bukan lagi berdasarkan tipografi, melainkan dari pemanfaatkan ruang dengan sebaik mungkin.

Bagi peserta yang ingin mendaftar dalam ajang IDA 2022, kategori yang harus diperhatian dalam kompetisi ini yaitu small untuk proyek interior dengan luas di bawah 300 meter persegi, lalu medium untuk proyek yang memiliki luas antara 301 hingga 1.000 meter persegi hingga large untuk proyek dengan luas di atas 1.000 meter persegi.

Menariknya, BCI Asia juga menyiapkan hadiah uang tunai yang sangat menarik jumlahnya untuk para pemenang kedua kompetisi. Selain itu, karya para pemenang dan juara harapan juga akan dipublikasikan secara eksklusif oleh FuturArc dan Construction+ secara cetak, online, hingga via app.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti kompetisi ini, Anda dapat mendaftar secara gratis mulai tanggal 22 November 2021 dan akan ditutup pada tanggal 25 Februari 2022. Mahasiswa dapat memperoleh informasi lengkap melalui situs FuturArc di www.futurarc.com/fap2022. Sedangkan bagi desainer profesional dapat diakses di situs Construction+ di www.constructionplusasia.com/id/ida2022. (M-4)

Baca Juga

Dok GoSend

GoSend Rilis Buku Kiat UMKM jadi Best Seller di Era Digital

👤Irana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:56 WIB
Dalam penulisan buku ini, pihaknya melibatkan sejumlah pakar bisnis dan UMKM yaitu Rhenald Kasali, Yudo Anggoro, Yuswohady, Wulan Ayodya,...
MI/HO

Ohaiaho Rilis Serum untuk Atasi Jerawat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:15 WIB
Riset dari  The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan 22% perempuan dewasa terkena jerawat, dibanding laki-laki...
MI/adiyanto

FIB UI Gelar Seminar dan Pameran Foto Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Singkawang

👤Adiyanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:31 WIB
Seminar ini kelanjutan penerbitan buku “Memoar Orang-Orang Singkawang” yang diterbitkan pada 15 Februari 2022 , bertepatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya