Kamis 25 November 2021, 19:55 WIB

Ini Cara Mudah Merawat Baju Putih

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Cara Mudah Merawat Baju Putih

Unsplash
Baju putih.

 

MEMILIKI pakaian putih memang menjadi tantangan tersendiri. Pakaian putih sangat rentan terhadap noda, baik noda dari luar seperti makanan maupun noda keringat. 

Jade Sarita Arnott, Direaktur Kreatif Arnsdorf, merekomendasikan untuk memilih pakaian putih yang terbuat serat alami seperti katun organik, linen, rami atau tencel. Dia mengatakan, kain sintetis atau campuran sintetis akan menarik bau dan menjebak bakteri.

Sementara itu, Steve Anderton, seorang pakar binatu dari konsultan LTC Worldwide, menjelaskan jika bahan poliester cenderung memiliki daya serap yang lebih kuat untuk kontaminasi minyak dan juga noda makanan berminyak dari saus salad, lemak ayam, dan minyak ikan. Dengan begitu noda minyak akan lebih sulit dihilangkan.

Selain memerhatikan faktor material, berikut beberapa kiat soal merawat kemeja putih seperti dilansir Theguardian.com, Senin (22/11):

1. Perhatikan Deodoran
Anderton memperingatkan bahan kimia dalam noda deodoran membuatnya hampir tidak mungkin dihilangkan. Untuk menghindarinya, ia menyarankan menunggu deodoran benar-benar kering sebelum mengenakan baju. Mengenakan kaus dalam juga akan membantu menyerap keringat sebelum mengenai kemeja.

2. Deterjen yang Tepat
Pakar menyarankan memilih deterjen dengan pensuspensi seperti garam natrium silikat, sehingga setelah kotoran dikeluarkan dari baju di dalam mesin, kotoran ini akan tetap berada di dalam air dan terlepas dari kain. Ini mencegah kemeja menjadi abu-abu.

Dia mengatakan deterjen harus mengandung pengemulsi, seperti asam sitrat, untuk melarutkan noda makanan berminyak. Zat pengoksidasi ringan seperti natrium perborat akan membantu menghilangkan warna noda pewarna nabati dari hal-hal seperti kopi, teh, anggur merah, bit, atau rumput.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu deterjen yang mengandung enzim seperti protease atau proteinase yang akan membersihkan noda makanan dan minuman, dan bekerja dengan baik pada suhu pencucian yang rendah.

3. Pra-perawatan
Seringkali kerah dan manset adalah tempat pertama yang menguning karena bagian tersebut yang paling sering bergesekan dengan kulit. Pembersihan area itu bisa dilakukan dengan pembasahan dan penggosokan selama beberapa detik menggunakan sikat bulu yang dicelupkan ke dalam deterjen cair.

Jika perlu menyetrika, lakukan saat kemeja masih agak lembab, dan mulailah dengan bagian belakang kerah. Berhati-hatilah untuk tidak menyetrika pada noda apa pun, karena ini dapat membuatnya tidak mungkin dihilangkan. Selain itu, gunakan setrika suhu sedang. 

Sarita Arnott merekomendasikan pembersihan noda pada kemeja putih dengan membuat pasta dari soda kue dan air. Pasta itu dioleskan langsung ke noda berminyak dan dibiarkan semalaman sebelum pakaian dicuci. Setelah itu, gunakan mesin cuci dengan suhu dingin atau 30 derajat celcius.

4. Sinar Matahari
Untuk mengeringkan kemeja putih, Sarita Arnott menyarankan menggantung baju di tempat yang terkena sinar matahari. Sebab, sinar matahari dapat mencerahkan warna putih, apalagi jika anda menggunakan deterjen dengan zat pencerah optik. Sarita Arnott juga menyarankan untuk menggunakan gantungan baju yang menggunakan kayu atau plastik atau tali yang tidak dapat  mentransfer warna ke pakaian putih. (M-1)

Baca Juga

Antara

Sapto Djojokartiko Hadirkan Koleksi Akhri Tahun Holiday Spirit

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 10:07 WIB
 Sapto Djojokartiko menghadirkan koleksi akhir tahun yang bertemakan “holiday...
Dok. Pribadi

Rupiah Digital sebelum Cryptocurrency

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 28 November 2021, 06:30 WIB
TREN investasi aset kripto tengah meningkat di...
MI

Sudoku edisi 28 November 2021

👤MI 🕔Minggu 28 November 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya