Selasa 16 November 2021, 08:25 WIB

Haruskah Mencuci Ayam Mentah Sebelum Dimasak? Ini Penjelasannya

Nike Amelia Sari | Weekend
 Haruskah Mencuci Ayam Mentah Sebelum Dimasak? Ini Penjelasannya

unsplash.com/Towfiqu barbhuiya
Daging Ayam Mentah

 

Menu yang paling banyak diminati oleh banyak orang salah satunya adalah ayam. Masyarakat Amerika mengonsumi ayam lebih banyak daripada daging lainnya. Ayam menjadi hidangan populer untuk disajikan dengan beragam menu lainnya. Tetapi penting diketahui, memasak ayam harus memperhatikan beberapa hal demi menjaga kesehatan.

Lalu, apakah ayam mentah harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan seharusnya tidak. "Jangan mencuci ayam mentah. Selama mencuci, getah-getah ayam dapat menyebar di dapur dan mencemari makanan, peralatan, dan meja lainnya," jelas CDC (Central Disease Center) memperingatkan.

Selain itu, orang harus mencuci tangan dengan air sabun hangat selama 20 detik sebelum dan sesudah memegang ayam. Mereka mengatakan sebaiknya menggunakan talenan terpisah untuk ayam mentah dan jangan pernah meletakkan makanan matang atau produk segar di piring, talenan, atau permukaan apa pun yang sebelumnya digunakan untuk menampung ayam mentah.

Makanan yang terdapat di microwave, termasuk ayam mentah beku harus ditangani sama seperti ayam mentah segar. Termometer makanan harus digunakan untuk memastikan ayam dimasak dengan suhu internal yang aman 165° F atau 74° C.

Talenan, peralatan, piring, dan meja harus dicuci dengan air sabun panas setelah menyiapkan ayam. Sisa ayam harus didinginkan atau dibekukan dalam waktu dua jam atau dalam waktu satu jam jika makanan terkena suhu di atas 90 derajat Fahrenheit atau 32 derajat Celsius.

Melansir dari foxnews.com, Sabtu (13/11), ayam kerap kali terkontaminasi bakteri campylobacter, salmonella dan clostridium perfingens. Sekitar 1 dari setiap 25 paket ayam terkontaminasi salmonella, yang menyebabkan lebih banyak penyakit bawaan makanan daripada bakteri lainnya. Mengkonsumsi ayam setengah matang atau makanan lain yang terkontaminasi oleh ayam mentah atau getahnya dapat menyebabkan keracunan makanan.

Melansir dari healthline.com, salmonella merupakan bakteri bawaan makanan yang menyerang sekitar 1,2 juta kasus penyakit dan 450 kematian setiap tahun. Salmonella sebagian besar ditemukan pada unggas mentah. Jika unggas dimasak dengan benar akan aman, tetapi jika kurang matang atau ditangani dengan tidak benar saat mentah, itu dapat menyebabkan masalah.

Semua unggas di Amerika Serikat diperiksa untuk mencari tanda-tanda penyakit, tetapi ini tidak berarti bebas dari bakteri. Faktanya, bukan hal yang aneh jika unggas mentah mengandung berbagai jenis bakteri.

Ketika unggas mentah bersentuhan dengan permukaan alat dapur seperti pisau, dan bahkan tangan Anda, itu bisa meninggalkan bakteri. Bakteri ini dapat dipindahkan dari permukaan ke permukaan dan dapat mengontaminasi makanan hingga alat makanan seperti garpu.

Cuci dan desinfeksi secara menyeluruh permukaan yang bersentuhan dengan unggas mentah. Gunakan pembersih sekali pakai sehingga dapat dibuang agar menghindari kemungkinan kontaminasi. Persiapan dan penyimpanan juga penting. United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan Anda selalu mencairkan ayam beku di lemari es, microwave, atau kantong tertutup yang terendam air dingin.

Dada ayam yang dimasak harus didinginkan dalam waktu dua jam setelah dimasak. Selain itu, cucilah permukaan yang bersentuhan dengan ayam mentah, cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik setelah memegang ayam mentah, hingga cuci peralatan makan dengan air sabun panas setelah digunakan pada daging mentah.(M-4)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Jenis Kemasan Pengaruhi Kualitas Rasa dan Kesegaran Susu

👤Devi Harahap 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:25 WIB
Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa kemasan susu benar-benar memengaruhi kualitas rasa dan kesegaran susu yang...
Freepic

Hati-hati, Infeksi Gusi Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

👤Devi Harahap 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:15 WIB
Para peneliti menganalisis jaringan untuk menetapkan korelasi antara tingkat keparahan fibrosis atrium dan tingkat keparahan penyakit...
Unsplash/Debby Hudson

Sikap Bersyukur Terbukti Membantu Meredakan Stres

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 30 Januari 2023, 17:05 WIB
Stres berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatkan morbiditas kardiovaskular, dan risiko penyakit jantung koroner....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya