Sabtu 23 Oktober 2021, 06:50 WIB

Kenali Tanda Tubuh Butuh Rehat dari Media Sosial

Putri Rosmalia | Weekend
Kenali Tanda Tubuh Butuh Rehat dari Media Sosial

Alexander Shato/ Unsplash
Instagram adalah salah satu medsos paling populer di dunia.

 

KEHADIRAN media sosial (medsos) memang membawa banyak dampak positif bagi kehidupan. Namun, berlebihan menggunakan medsos juga bisa menjadi bumerang bagi anda. 

Dilansir health.clevelandclinic.org, Jumat, (22/10), pakar terapi pikiran dan tubuh yang juga pemilik perusahaan Images of Wellness di Amerika Serikat (AS) Jane Pernotto Ehrman, mengatakan media sosial sering secara tak disadari menguasai pikiran seseorang.

“Media sosial bisa menguasai pikiran kita. Kita jadi berlebihan menilai diri sendiri, membandingkan dengan orang lain, banyak berkhayal, hingga sering melupakan realita yang ada di kehidupan nyata,” ujar Ehrman.

Ia mengatakan, tubuh merupakan satu kesatuan yang cerdas. Tubuh akan memberi sinyal ketika sudah terlalu lelah melakukan suatu hal, termasuk berhadapan dengan dunia maya. Ketika tubuh sudah lelah, biasanya tubuh sudah akan mengalami gangguan kesehatan, baik fisik atau mental.

Karena itu, jangan sampai terlambat menyadari kondisi yang dialami tubuh ketika sudah mulai kecanduann medsos. Berikut ini lima hal yang menjadi tanda bahwa Anda butuh rehat dari medsos:

1.Tak Henti Membandingkan
Medsos kerap berisikan gambaran akan kehidupan yang serba menyenangkan. Umumnya seseorang hanya mengunggah sisi positif dan bahagia yang ada di kehidupannya. Hal itu kerap membuat orang lain yang melihatnya tak henti membandingkan hidupnya dengan kehidupan sempurna di medsos. Jika dibiarkan, hal itu bisa mengganggu kesehatan mental. Rehatlah sejenak dari medsos jika terus-menerus merasa hidup Anda tak bahagia karena selalu membandingkan dengan orang lain.

2.Tak henti Mengecek
Kebiasaan membuka medsos kerap membuat seseorang terus-menerus tenggelam dalam halaman sebuah aplikasi media sosial. Tanpa ia sadari ia kerap menghabiskan waktu yang sangat lama hanya untuk melihat unggahan orang lain yang ia ikuti. Hal itu akan merugikan karena membuat tubuh dan pikiran menjadi tak produktif dan statis.

3.Lelah dengan Ledakan Informasi
Medsos tak hanya berisi informasi dan unggahan dari orang yang dikenal. Tak jarang berbagai informasi dan berita dengan berbagai topik juga muncul di halaman media sosial. Banyaknya informasi dapat membuat tubuh dan pikiran merasa lelah, akhirnya pekerjaan yang seharusnya diselesaikan bisa jadi terbengkalai.

4.Kecanduan Unggah Momen
Membagikan keseharian di medsos memang tak ada salahnya. Namun, ketika sudah menjadi kebiasaan dan kecanduan mengunggah keseharian di media sosial, hal itu bisa membahayakan. Tak sedikit penjahat melakukan aksi kriminal berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari media sosial.

5.Timbul Konflik
Unggahan teman di medsos tak selalu sejalan dengan apa yang Anda sukai. Jika sudah mulai sering merasa kesal akibat unggahan teman atau bahkan sudah mulai mengarah ke konflik di dunia maya, sebaiknya ambil jarak untuk sementara dari media sosial yang Anda miliki. (M-1)
 

Baca Juga

IMOTHY A. CLARY / AFP

Barang-barang yang Menginspirasi Film-film Walt Disney Dipamerkan di New York

👤Adiyanto 🕔Rabu 08 Desember 2021, 07:39 WIB
Pameran ini mengungkap bagaimana seniman Disney selama beberapa dekade terinspirasi gaya mewah Rococo dari porselen Sevres dan sofa...
HOMAS COEX / AFP

Pedang Napoleon ini Dihargai Rp40 Miliar

👤Adiyanto 🕔Rabu 08 Desember 2021, 07:04 WIB
Menurut juru lelang. senjata itu dibuat oleh Nicolas-Noel Boutet, yang merupakan direktur pabrik senjata di...
Dok. Crazyone Films.

Cinta yang Tergusur Derap Pembangunan

👤Fathurozak 🕔Selasa 07 Desember 2021, 11:21 WIB
Film ini mengangkat persoalan manusia-manusia yang tersingkir dan harus membangun kehidupan baru mereka atas nama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya