Rabu 29 September 2021, 05:04 WIB

TikTok Catat Rekor 1 Miliar Pengguna Aktif Per Bulan

Putri Rosmalia | Weekend
TikTok Catat Rekor 1 Miliar Pengguna Aktif Per Bulan

Olivier DOULIERY / AFP)
Logo TikTok

 

Aplikasi sosial media TikTok baru saja mengumumkan rekor yang berhasil mereka capai. Sosial media buatan pengembang asal Tiongkok tersebut mencatat total pengguna aktif aplikasinya saat ini telah mencapai lebih dari 1 miliar akun per bulan.

Melansir dari cnn.com, Selasa, (28/9), angka itu merupakan rekor terbaik yang berhasil dicapai sebuah aplikasi sosial media selain yang dimiliki oleh Facebook atau Google. Capaian itu diklaim TikTok sebagai prestasi terbaik sejak mereka mulai meluncur ke publik tahun 2016 lalu.

Peningkatan jumlah pengguna TikTok khususnya pasca dimulainya pandemi covid-19. Dalam dua tahun ini, jumlah pengguna TikTok terus melesat, baik dari kalangan masyarakat pengguna, kreator, hingga perusahaan, dan instansi.

Capaian itu diklaim pihak TikTok sebagai prestasi yang lebih membanggakan karena mereka sempat mengalami pencekalan di Amerika Serikat. Seperti diketahui, mantan presiden Donald Trump sempat berupaya mencekal keberadaan TikTok di seantero AS.

TikTok juga sempat mengalami penolakan di India dan teguran soal keamanan oleh Uni Eropa.

Kepopuleran TikTok bisa tetap bertahan meski saat ini para kompetitor juga sudah meluncurkan fitur video singkat seperti yang jadi andalan TikTok. Contohnya Instagram dengan fitur Reels, YouTube dengan fitur Shorts, hingga Snapchat dengan fitur Spotlight.

Sementara itu Snapchat yang telah meluncur di publik dua kali lebih lama dibandingkan TikTok hingga saat ini masih belum pernah mencapai jumlah pengguna seperti yang dicapai aplikasi asal Tiongkok tersebut. Tahun ini, Snapchat merilis info pengguna aktif rata-rata bulanan mereka sebanyak 500 juta akun. (M-4)

Baca Juga

AFP/Chris Delmas

Kim Kardashian Berkolaborasi dengan Fendi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:54 WIB
Merek shapewear Kim Kardashian West, Skims, berkolaborasi dengan Fendi dalam sebuah koleksi pakaian baru, kata perusahaan itu, dilansir...
MI

Ternyata Hal Ini yang Memicu Kerusakan Bahasa

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 05:15 WIB
Di masa datang, bahasa Indonesia diharap lebih banyak menyerap kosakata dari bahasa lokal ketimbang bahasa...
123RF

Yang Masih Menjadi Ganjalan dalam Dunia Puisi Indonesia

👤Fathurrozak 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 01:41 WIB
Penyair Joko Pinurbo dan Inggit Putria Marga akan melelang puisi tulisan tangan mereka untuk aksi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya