Jumat 24 September 2021, 23:57 WIB

Perayaan Sastra Arab di LIFEs Salihara 2021

Fathurrozak | Weekend
Perayaan Sastra Arab di LIFEs Salihara 2021

Instagram Komunitas Salihara
Puisi Arab ialah salah satu topik yang diulas dalam LIFEs 2021.

 

Festival sastra dan gagasan rutinan yang diselenggarakan Komunitas Salihara tahun ini mengusung tema Arab Asyiq, yang bakal berfokus pada jejak dan gema sastra arab di Indonesia.

Berlangsung pada 25 September-2 Oktober secara virtual, festival ini terdiri dari rangkaian program seperti seminar, pembacaan karya, ceramah, dan pentas musik. Salah satu kurator LIFEs, Ayu Utami, menyebutkan dalam penyelenggaraan tahun ini, yang berfokus pada susastra arab, penyelenggara ingin melihat bagaimana pengaruh kesusastraan arab, baik di Indonesia maupun dunia internasional.

“Selama setahun ke belakang, kami mengumpulkan buku-buku dan nama-nama. Kami para kurator bekerja tidak hanya melihat sastrawan yang datang dari Indonesia, tetapi juga luar negeri. Jadi kami fokus membaca karya-karya mereka. Dalam festival ini, kami punya fokus pada jejak sastra dan pemikiran Arab di Indonesia dan dunia,” terang Ayu dalam konferensi pers virtual, Jumat, (24/9).

Di samping itu, kurator Hamzah Muhammad menegaskan, jika pada umumnya tema tentang dunia arab selalu bersinggungan dengan agama tertentu, dalam LIFEs membuka semua dialog yang tidak terbatas pada agama. “Identitas itu berkelindan, jadi kami menyiasati supaya ini tidak menjadi festival keagamaan tertentu, tetapi pure sastra. Agama menjadi bagian saja dalam perbincangan.”

Sebab itu, Ayu menuturkan selain menelisik jejak pemikiran dan sastra arab pada masa lampau, tapi juga melihat ada pengaruh dunia modern. Termasuk bagaimana dunia sastra arab modern juga dipengaruhi oleh dunia barat, yang bakal ditampilkan dalam festival melalui ragam bentuk, tema, dan modelnya.

Beberapa program yang bakal hadir di LIFEs Arab Asyiq di antaranya adalah diskusi Memanggungkan Sastra Arab (28/9), diskusi Jejak-Jejak Aksara Arab di Nusantara (29/9), diskusi Hamka & Muhammad Radjab: Pergulatan Adat, Modernisme, Agama (30/9), dan bakal dibuka dengan pembacaan karya dan standup comedy pada (25/9) bertajuk Bintang-Bintang di Bawah Langit Jakarta. (M-2) 

Baca Juga

Antara

Remy Sylado Ciptakan Puisi Khusus untuk Galang Donasi

👤Bintang Krisanti 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:40 WIB
Tiga puisi karya Remy akan dilelang bagi donasi anak yatim piatu...
AFP/Clive Brunskill/Getty Images

Raducanu Jadi Duta Baru Dior

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:30 WIB
Raducanu mengenakan gaun Dior saat menghadiri pemutaran perdana film James Bond, No Time To Die, bulan...
ANTARA/Charles & Keith Indonesi

Rayakan Ulang Tahun Ke-25, Charles & Keith Rilis Koleksi Terbatas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 13:00 WIB
Jenama itu menghadirkan koleksi tas, sandal dan sepatu yang menampilkan ciri khas Charles & Keith dengan menggunakan bahan daur ulang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya