Selasa 21 September 2021, 16:31 WIB

Simak Enam Tips Menjadi Kreator Konten

Mediaindonesia.com | Weekend
Simak Enam Tips Menjadi Kreator Konten

Dok Xiaomi
Ilustrasi

 

Perkembangan dunia digital saat ini telah membuka peluang bagi semua orang untuk menjadi seorang kreator konten di media sosial dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone. Adanya tawaran penghasilan yang cukup menggiurkan juga membuat banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi kreator konten.

Tawaran penghasilan ini didapatkan dari berbagai macam sumber seperti kolaborasi dengan sebuah brand atau endorsement, dan insentif yang diberikan oleh aplikasi yang membesarkan nama mereka.

Namun dengan banyaknya pesaing, seorang konten kreator juga perlu menentukan platform mana yang cocok dengan konten yang ingin dibuat. Salah satu platform media sosial berbasis video pendek yang sedang hits di Indonesia adalah SnackVideo. Konten video seperti parodi, tarian, curhat, tips, sampai hobi dapat menjadi konten yang menarik perhatian di SnackVideo.

Buat kamu yang baru memulai, berikut beberapa tips dan trik untuk membuat video menarik dan tepat sasaran di SnackVideo.

1. Tentukan topik atau tema video pendek sesuai minat dan bakat kamu
Tentukan satu tema video sesuai dengan minat dan bakat kamu, yang menurut kamu menarik untuk dibuat, seperti video tutorial, parodi, tarian dan konten seru lainnya. Lalu sesuaikan dengan musik latar pilihanmu agar kesempatan video ditemukan oleh audiens yang sesuai semakin besar.

Kemudian, secara rutin buat dan unggah video dengan topik yang berkaitan atau senada agar konten yang dihasilkan bisa tetap konsisten. Dengan demikian, kesempatan kamu bisa ditemukan oleh audiens yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu semakin besar.

2. Ikut meramaikan tren yang sedang berlangsung
Ada banyak video viral yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mulai membuat sebuah konten. Berbagai musik atau lagu yang tersedia bisa menjadi modal awal kamu untuk berkarya, apalagi jika musik atau lagu tersebut sedang ramai digunakan oleh kreator lain.

Kamu juga dapat mengalihsuara atau men-dubbing video yang sudah tersedia dan mengikuti konsep yang sudah ada, hal ini akan lebih mudah dan cepat bagi kamu untuk segera membuat dan mengunggah video. Jangan menjiplak konten dari kreator lain tanpa memberi kredit, usahakan untuk hanya mengambil inspirasi dan tetap membuat konten yang orisinil di SnackVideo.

3. Ikuti tantangan atau challenge yang sedang banyak beredar
Ada banyak tantangan yang bisa diikuti dan dijadikan konten video ala kamu sendiri. Mengikuti tren tantangan seperti ini merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat video pendek bagi kreator konten yang baru memulai.

Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan hashtag atau tagar pada deskripsi atau caption, karena ini adalah cara ampuh agar video kamu dapat masuk di laman explore, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang sedang mencari konten serupa. Pastikan untuk menggunakan tagar yang relevan dengan video yang kamu unggah, agar konten kamu dapat menyasar audiens yang kamu harapkan.

4. Rajin berinteraksi dengan kreator lainnya
Tinggalkan komentar, like, dan bagikan video kreator lain yang kamu nikmati ke media sosial lain yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menandai nama kreator tersebut sebagai bentuk apresiasi kamu. Dengan demikian, kehadiran kamu akan diperhatikan oleh banyak orang sehingga membantu menaikkan interaksi dan cakupan audiens yang bisa menemukan video karya kamu.

5. Manfaatkan kemudahan fitur editing
Ada banyak sekali jenis video kreatif yang bisa dibuat. Berbagai fitur editing yang tersedia di SnackVideo sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga memudahkan kamu untuk berkreasi dan membuat video semenarik mungkin.

Kamu bisa menambahkan filter warna, menambahkan musik atau merekam suara, menambahkan stiker atau gambar, serta foto tulisan dan efek pada video dalam sentuhan jari.

Selain itu, kamu juga bisa menggambar secara langsung pada video yang ingin kamu unggah dengan beberapa pilihan efek. Dan yang terpenting, kamu bisa menentukan penggalan-penggalan video yang ingin ditampilkan sesuai dengan alur cerita dari video tersebut.

6. Bagikan video ke berbagai platform media sosial
Agar semakin meningkatkan popularitas kamu sebagai konten kreator, jangan lupa untuk membagikan video-video yang kamu buat ke berbagai media sosial yang kamu miliki. Dengan membagikan video kamu di berbagai media sosial, kamu akan semakin dikenal dan semakin banyak yang mengunjungi bahkan mengikuti kamu.

Seorang konten kreator memerlukan konsistensi dalam memproduksi video pendek, mengunggah, berinteraksi serta memilih platform media sosial yang tepat untuk membagikan karya. Dengan rutin melakukan aktivitas tersebut, perlahan namun pasti, konten kreator akan menemukan audiens setianya yang relevan. (RO/OL-12)

Baca Juga

Dok Film Kadet 1947

Film Kadet 1947 Rilis Poster Resmi saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 13:26 WIB
Poster ini membawa sentuhan hangat persahabatan para kadet yang berjuang untuk Indonesia, dan nuansa optimisme dari langit cerah yang...
MI/Ramdani

Menteri ESDM: Indonesia Mainkan Peran Penting dalam Kebutuhan EBT

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:35 WIB
Indonesia akan memainkan peran penting menyelamatkan bumi dan menjadi menjadi sumber kebutuhan energi baru terbarukan untuk...
Dok: IDN Pictures

Fajar Nugros Bakal Sutradarai Srimulat The Movies

👤Retno Hemawati 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:20 WIB
Fajar Nugros menyambut inisiasi ini dengan sangat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya