Kamis 16 September 2021, 13:01 WIB

Lima Jenis Tanaman yang Bantu Bikin Nyenyak Tidur

Putri Rosmalia | Weekend
 Lima Jenis Tanaman yang Bantu Bikin Nyenyak Tidur

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Warga menyiram tanaman Sansevieria (Dracaena trifasciata) atau lidah mertua di Desa Kaliputu, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (15/8/2021)

 

Tanaman memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia. Mulai dari menghasilkan oksigen, sumber makanan, hiasan.

Salah satu fungsi tanaman yang jarang diketahui ialah membantu tidur lebih nyenyak. Berikut ini beberapa tanaman yang memiliki fungsi relaksasi dan cocok diletakkan di kamar agar tidur lebih nyenyak, dilansir dari dreams.co.uk, Rabu, (15/9).

 

1. Melati


Berbagai studi menyebutkan bahwa harum khas bunga melati memiliki sifat menenangkan. Wangi melati dapat meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur.

 

2. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua atau yang di beberapa negara lain dikenal dengan 'snake plant' memiliki fungsi sebagai pembersih udara. Tanaman ini menghasilkan lebih banyak oksigen pada malam hari yang membuat tidur akan lebih berkualitas. Lidah mertua dapat menyerap beberapa zat berbahaya yang ada di udara seperti  xylene, trichloroethylene, toluene, benzene, dan formaldehyde.

 

3. Akar valerian

Akar valerian sejak lama dipercaya memiliki kemampuan meringankan insomnia. Aroma khas dari tanaman ini disebut memiliki efek relaksasi. Selain itu, keindahan bunganya juga membuat tampilannya lebih menarik di pandang.

 

4. Lavender


Wangi khas lavender sudah sangat legendaris. Bunganya kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai produk, termasuk aroma terapi. Keberadaan lavender di dalam kamar selain menimbulkan efek relaksasi juga dapat menurunkan tingkat stres, tekanan darah, hingga menormalkan detak jantung.

 

5. Lidah buaya


Tanaman hias yang juga masuk kategori tanaman obat ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Lidah buaya menghasilkam lebih banyak oksigen di malam hari. Hal itu dapat membuat tidur lebih berkualitas dan bermanfaat meningkatkan kesehatan. (M-4)

 

Baca Juga

Dok: IDN Pictures

Fajar Nugros Bakal Sutradarai Srimulat The Movies

👤Retno Hemawati 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 15:05 WIB
Fajar Nugros menyambut inisiasi ini dengan sangat...
Dok Film Kadet 1947

Film Kadet 1947 Rilis Poster Resmi saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 13:26 WIB
Poster ini membawa sentuhan hangat persahabatan para kadet yang berjuang untuk Indonesia, dan nuansa optimisme dari langit cerah yang...
MI/Ramdani

Menteri ESDM: Indonesia Mainkan Peran Penting dalam Kebutuhan EBT

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:35 WIB
Indonesia akan memainkan peran penting menyelamatkan bumi dan menjadi menjadi sumber kebutuhan energi baru terbarukan untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya