Jumat 30 Juli 2021, 17:35 WIB

Ini Cara Ajak Anak Memakai Masker

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Cara Ajak Anak Memakai Masker

Kevin Yudhistira Alloni
Orang dewasa dan anak sama-sama mengenakan masker.

JIKA anda masih merasa bahwa anak-anak sangat sulit untuk diminta memakai masker, bisa jadi cara pendekatan anda yang harus diubah. Sebab, sebenarnya tidak sulit juga menemukan anak-anak yang ringan hati memakai masker, bahkan mereka tidak jarang yang lebih dulu meminta dipakaikan masker saat akan keluar rumah.


Berikut lima cara yang direkomendasikan untuk mengajak anak-anak memakai masker, seperti dikutip dari cnn.com, Selasa (27/7).


1. Kenali Anak

Setiap anak berbeda, yang berarti orangtua harus meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana membuat setiap anak mereka ingin memakai masker. "Ini bukan satu ukuran untuk semua jenis hal. Anda harus meluangkan waktu dan pikiran untuk lebih dulu mempertimbangkan pendekatan yang pas untuk anak anda," kata Jennifer Sciolla, direktur senior layanan anak dan keluarga di Rumah Sakit Anak Nemours Alfred I. duPont di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat. 

Bagi anak-anak yang kritis, upaya mengajak memakai masker harus dimulai dengan penjelasan tentang bahaya virus. Maka bukan tidak mungkin anda juga harus memahami dulu cara kerja penularan virus. Mungkin terasa repot, namun lihat sisi baiknya. Anda juga jadi ikut belajar bukan?! 

Selain soal perbedaan karakter, ada pula pengaruh usia. Menurut penelitian, balita mungkin takut melihat orang lain memakai masker karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengenali dan membaca wajah.


2. Berikan Penjelasan yang Mudah Dipahami

Orangtua tidak bisa hanya mengharapkan anak kecil untuk mengerti mengapa mereka harus mengenakan masker. Orangtua harus menjelaskannya dengan kata-kata dan konsep yang dapat dipahami anak-anak.

Untuk anak-anak usia prasekolah, bisa dimulai dengan penjelasan seperti virus adalah orang jahat, dan kita manusia harus melakukan apa yang kita bisa untuk melindungi paru-paru dan tubuh kita darinya. 

Bagi anak-anak yang lebih besar, bentuk penjelasan yang dibutuhkan bisa jadi harus lebih rinci dan dengan contoh soal tanggung jawab pribadi. Orangtua juga dapat memberikan penjelasan dari sisi aksi kebaikan jika memakai masker. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa ia telah berlaku baik, ibarat superhero, hanya dengan memakai masker.

"Sangat membantu untuk mengatakan hal-hal seperti, 'masker mengurangi kemungkinan kita menulari orang lain,' dan, 'Jika kita semua memakai masker, kita saling melindungi," kata Liza Suarez, Direktur Gangguan Kecemasan dan Stress Anak-anak di University of Illinois di Chicago.


3. Latihan

Suarez juga menyarankan agar anak-anak dilatih memakai masker di rumah. Cara ini menjadi langkah pembiasaan dengan kemungkinan rasa sedikit tidak nyaman atau perubahan kondisi bernafas. Saat anak semakin terbiasa maka mereka juga tidak akan lagi terlalu terganggu dengan ketidaknyamanan adanya benda baru di wajah.


4. Jadikan Diri Anda Panutan

Hal terpenting dari upaya mengajak anak memakai masker adalah dengan menjadikan diri anda panutan. Adalah omong kosong jika anda meminta anak memakai masker, sementara anda sendiri malas.

Anak sesungguhnya selalu berupaya meniru orang dewasa, terlebih orangtuanya. Apalagi jika anda merasa penting dan juga bangga untuk memakai masker maka anak juga akan merasa perlu untuk memakai masker. (M-1)

Baca Juga

MI/Furqon Ulya Himawan

Edukasi Gaya Hidup Sehat

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:45 WIB
DENGAN keberhasilan angka penurunan kasus covid-19 di Tanah Air dan kondisi global, sejak awal...
MI/Furqon Ulya Himawan

Sebarkan Narasi yang Merekatkan Bangsa

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 26 September 2021, 06:30 WIB
MINGGU lalu sebuah video yang menunjukkan sejumlah santri menutup kuping saat mendengar musik,...
MI

Sudoku edisi 26 September 2021

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya