Minggu 16 Mei 2021, 06:05 WIB

Alfie Alfandy: Berbagi Hidayah lewat Hobi Biker

*/M-1 | Weekend
Alfie Alfandy: Berbagi Hidayah lewat Hobi Biker

MI/SUMARYANTO BRONTO
Alfie Alfandy

ALFIE Alfandy atau yang bernama asli Rahmat Al Hanafi adalah aktor yang melejit lewat perannya sebagai Ustaz Jefri Al Buchori (Uje) di film Hijrah Cinta (2014). Film dan sinetronnya yang lain pun banyak bertema religi dan menempatkan aktor kelahiran Medan, 3 Maret 1990, ini sebagai pendakwah.

Di balik citranya yang religius itu, perjalanan hidup Alfie tidak jauh berbeda dengan Uje. Berkecimping di dunia hiburan sejak 2006, Alfie sempat menjadi pecandu narkoba hingga nyaris meninggal. Setahun sebelum memerankan Uje, ia pun masih terjerat minuman keras.

Namun, setelah mendapat hidayah dan semakin mendalami agama sejak memerankan Uje, aktor pemenang best actor LA Light Indie Movie, 2012 dan nomine piala Festival Film Indonesia (FFI) 2014 itu kemudian jug menekuni jalan dakwah.

Menjadi bintang tamu dalam acara Kick Andy episode Jalan Ilahi, yang tayang Minggu (16/5), Alfie mengatakan menimba ilmu agama dengan belajar dari pondok ke pondok dan bahkan mendapat kesempatan untuk belajar dengan Sayyid Ahmad bin Muhammad al-Maliki al-Hasaniy di Mekkah kemudian berangkat ke Darul Mustofa di Yaman untuk berguru kepada Habib Umar bin Hafidz.

Oleh guru-gurunya, Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafi dz, Habib Kadzim Assegaf, dan Habibana Ahmad bin Ali bin Abdurrahman Assegaf, Alfie diberi wejangan untuk berdakwah di tempat dan lingkungannya (hobi). Oleh karena itu, berangkat dari hobi motor membawa Alfi e hadirkan dakwah di kalangan anak muda pecinta motor.

Ia pun mendirikan komunitas Bikers Dakwah pada 2017 dan diresmikan pada 2018.

Ia juga membuat beberapa konten Youtube yang bertujuan untuk menyentuh anak-anak muda. Dua program terbaru dari BD adalah Bicara Seputar Akhlak (Bispak) dan Bicara tentang Hidayah (Bidah).

Dalam berdakwah lewat Youtube, Alfie berkolaborasi dengan beberapa teman sekaligus gurunya seperti Habib Qudsi Al Habsi, Ustadz Fiqri Ruchyat, dan Habib Rofick Al Kaff yang akan menjawab pertanyanpertanyaan dan keresahan orangorang muslim. Melalui kanal dengan subscriber lebih dari 60 ribuan tersebut, dia juga menyediakan beberapa kolom pertanyaan untuk sharing online.

Selain berdakwah, Bikers Dakwah juga beramal dengan sering menggalang dana dan mendatangi langsung korban bencana, seperti banjir, gempa, dan lainnya. Berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, BD meluncurkan program Bikers Bangun Masjid dengan menggalang dana yang diselenggarakan bertepatan perayaan hari jadi Bikers Dakwah satu tahun di Royal Enfield, Bandung. (*/M-1)
 

Baca Juga

AFP

Duh, Habitat dan Populasi Gajah Afrika kian Terancam

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:10 WIB
Para ilmuwan sementara ini menduga gajah-gajah itu mati karena pemanasan global, yang kemudian membuat ganggang beracun bermekaran di...
 Adem ALTAN / AFP

Turki Bakal Luncurkan Misi ke Bulan

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 21 Juni 2021, 06:20 WIB
Jika uji coba berhasil, sebuah wahana penjelajah bulan (Lunar Rover) selanjutnya akan dikirim pada 2028 atau...
Dok. Pribadi

Belum Potensial

👤Meirisa Isnaeni Staf Bahasa Media Indonesia 🕔Minggu 20 Juni 2021, 06:30 WIB
Hendaknya kita cermat dalam pemilihan diksi. Dengan diksi, pesan yang disampaikan akan mudah dipahami dan tidak akan terjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya