Senin 26 April 2021, 08:05 WIB

Vinterberg Persembahkan Oscar untuk Putrinya yang Meninggal

Bintang Krisanti | Weekend
Vinterberg Persembahkan Oscar untuk Putrinya yang Meninggal

Chris Pizzello / POOL / AFP
Sutradara Thomas VInterbegr dan istri di Piala Oscar 2021

FILM asal Denmark, Another Round, menyabet penghargaan Film Internasional Terbaik di Academy Awards 2021. Film yang dibintangi Mads Mikkelsen ini menceritakan seorang guru yang berusaha mengatasi depresi dengan mengikuti teori yang menyebutkan jika kadar alkohol yang tinggi di dalam darah akan membuat orang lebih bahagia.

Academy Awards ke-93 ini digelar Senin (26/4) pagi wib dari dua tempat di Los Angeles, Dolby Theater dan stasiun kereta Union Station. Selain itu juga terdapat 20 tempat penyelenggaraan di luar Amerika Serikat yang terhubung dengan jaringan satelit.

Another Round menjadi favorit film internasional setelah sebelumnya memenangkan kategori yang sama di ajang BAFTA 2021 dan juga masuk nominasi Golden Globe 2021. Di PIala Oscar ini, film arahan Thomas Vinterberg itu mengalahkan film Romania berjudul Collective, film Quo Vadis, Aida? dari Bosnia, dan film asal Tiongkok Better Days.

Dalam pidato kemenangan di Union Station, Vinterberg mengungkapkan kisah tragis yang terjadi bersamaan dengan proses syuting film itu. "Kami ingin membuat film yang merayakan kehidupan," kata Vinterberg yang mempersembahkan piala itu untuk putrinya, Ida yang meninggal tragis, empat hari saat syuting berjalan.

Ida yang berusia 19 tahun meninggal akibat kecelakaan lalu lintas karena kelalaian seseorang menggunakan ponsel sambil mengemudi. Vinterberg mengungkapkan jika Ida saat menyukai film itu.

Dua bulan sebelum syuting, sang putri yang telah membaca naskah film itu dan tengah berada di Afrika mengirimi Vinterberg surat. "Dia menyukainya dan merasa ikut diperingatkan oleh film itu" lanjut Vinterberg.

Penyelenggara Oscar yang telah mundur dua bulan dari jadwal awal, ini tidak digelar dengan format virtual (zoom) sebagaimana beberapa ajang film yang lebih dulu tahun ini. Penyelenggara berpendapat penyelenggaraan secara virtual ataupun hibrid (campuran langsung dan virtual) akan menghilangkan pengalaman luar biasa yang dapat dirasakan para nomine. 

Untuk menjamin keamanan, penyelenggara Oscar menjanjikan penerapan prokes super ketat, termasuk dengan jumlah maksimal 170 orang di tempat acara utama dan diterapkan sistem rotasi keberadaan orang.  Meski begitu, penyelenggaraan di Union Station menggunakan konsep produksi film sehingga tamu diperkenankan mencopot masker saat disorot kamera. (M-1)

Baca Juga

MI/Furqon Ulya Himawan

Edukasi Gaya Hidup Sehat

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:45 WIB
DENGAN keberhasilan angka penurunan kasus covid-19 di Tanah Air dan kondisi global, sejak awal...
MI/Furqon Ulya Himawan

Sebarkan Narasi yang Merekatkan Bangsa

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 26 September 2021, 06:30 WIB
MINGGU lalu sebuah video yang menunjukkan sejumlah santri menutup kuping saat mendengar musik,...
MI

Sudoku edisi 26 September 2021

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya