Sabtu 20 Maret 2021, 07:55 WIB

Geger Turbin Angin Berbentuk Vibrator

Galih Agus Saputra | Weekend
Geger Turbin Angin Berbentuk Vibrator

Dok. Instagram @vortexbladeless
Salah satu turbin angin tanpa baling-baling Vortex Bladeless yang terpasang di Spanyol.

 

JAGAT Reddit belakangan digemparkan dengan perangkat yang bentuknya mirip 'vibrator raksasa'. Perangkat itu dijuluki 'skybrator', dan kini telah mendapat kurang lebih 3.500 komentar serta peringkatnya mencapai 94.000. Namun, jangan salah, perangkat itu ternyata adalah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dikembangkan Ilmuwan asal Spanyol, David Yáñez.

Yáñez yang berasal dari luar Madrid memberi nama perangkat itu Vortex Bladeless. Dengan perangkat tersebut, ia mencoba mengubah getaran dari dorongan angin menjadi energi listrik. Secara spesifik, menara tanpa baling-baling ini tingginya mencapai tiga meter, bentuknya silinder, dan dipasang secara vertikal, serta memiliki batang elastis.

Dri jauh, menara tersebut tampaknya hanya diam. Akan tetapi, menara itu sebenarnya bergoyang-goyang secara halus dengan prinsip osilasi saat tertiup angin. Teknologi ini dirasa dapat menjadi solusi sempitnya lahan di wilayah perkotaan. 

Selama ini, wilayah perkotaan yang sekalipun memiliki angin yang cukup kencang, sulit memiliki kincir angin karena luasnya lahan yang diperlukan.“Kami tidak menentang pertanian angin tradisional. Teknologi kami memiliki karakteristik berbeda yang mungkin dapat mengisi celah ketika ladang angin tradisional tidak sesuai,” kata Yáñez, seperti dilansir dari The Guardian, Rabu, (17/3).

Menurut Yáñez keberadaan Vortex Bladeless dapat dikolaborasikan dengan panel surya, yang menghasilkan listrik dari panas matahari. Panel surya menghasilkan listrik di siang hari, sementara kecepatan angin dianggap cenderung lebih tinggi di malam hari.

"Tetapi manfaat utama dari teknologi ini sebenarnya adalah untuk mengurangi dampak lingkungan, dampak visual, biaya operasional, dan pemeliharaan turbin," imbuhnya. Saat ini turbin tanpa balin-baling itu sudah terpasang di beberapa daerah di Spanyol.

Vortex Bladeless juga diklaim tidak membahayakan pola migrasi burung, atau satwa liar, terutama jika digunakan di lingkungan perkotaan. Bagi orang yang tinggal atau bekerja di sekitar instalasi, mesin ini juga tidak akan menghasilkan kebisingan karena frekuensi suara yang keluar hampir tidak terdeteksi telinga manusia.

Desain 'menara getar' ini beberapa waktu lalu diapresiasi perusahaan energi asal Norwegia, Equinor. Mereka mencantumkan Vortex Bladeless ke dalam daftar '10 Perusahaan Rintisan Paling Menarik di Sektor Energi'. Equinor juga menawarkan dukungan kepada tim Yáñez untuk pengembangan lebih lanjut.

“Saat ini, turbinnya kecil dan hanya menghasilkan listrik dalam jumlah kecil. Tapi kami sedang mencari mitra industri untuk meningkatkan rencana kami ke turbin 140 meter dengan kapasitas daya 1 megawatt, ” terang Yáñez.

Vortex sebenarnya bukanlah satu-satunya perusahaan di dunia yang kini tengah berinovasi dengan PLTB. Alpha 311 yang berasal dari Whitstable, Kent, Inggris sekarang juga tengah bekerja dengan turbin vertikal kecil yang diklaim mampu menghasilkan listrik tanpa angin. Selain itu, ada juga perusahaan asal Jerman, SkySails. Inovasinya berupa PLTB berbentuk layang-layang raksasa, yang mencoba mengubah tekanan angin di ketinggian 400 meter menjadi energi listrik. (M-1)

Baca Juga

Dok. Idgitaf

Cerita di Balik Tribute Idgitaf untuk Kasur Tidurnya

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 09:00 WIB
Kasur Tidur jadi salah satu judul trek pada mini album petdana Idgitaf yang baru...
Dok. Penerbit Samudra Biru

Jatuh Bangun Perjuangan Ibu Tunggal

👤M-2 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 07:50 WIB
Menjadi orang tua bukan tugas yang mudah. Terlebih jika peran itu harus dilakukan seorang diri. Perjuangan dan pengorbanan tanpa batas...
MI/ Gana Buana

Reza Rahadian hingga Jerome Polin Digandeng Uniqlo untuk Koleksi Terbaru

👤Gana Buana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 07:35 WIB
Sophia Latjuba dan sang anak, Eva Celia, juga didapuk Uniqlo untuk merepresentasikan koleksi musim semi/panas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya