Rabu 03 Maret 2021, 08:00 WIB

Pelanggan SoundCloud Dimungkinkan Bayar Langsung ke Artis

adiyanto | Weekend
Pelanggan SoundCloud Dimungkinkan Bayar Langsung ke Artis

Lionel BONAVENTURE / AFP
Layanan streaming SoundCloud

SoundCloud akan menjadi layanan streaming pertama yang menghubungkan pembayaran pelanggan langsung ke artis. Langkah ini disambut baik oleh para musikus yang selama ini menuntut pembayaran yang lebih adil.

Saat ini, layanan streaming seperti Spotify, Deezer, dan Apple menampung pembayaran royalti ke dalam satu wadah lalu membagikannya berdasarkan artis mana yang paling banyak lagunya diputar.

Banyak seniman dan serikat pekerja berpendapat sistem ini sangat tidak adil, karena royalti terbesar mengalir ke musikus tenar seperti Drake dan Ariana Grande, sementara hampir tidak ada yang tersisa untuk musikus yang kurang terkenal.

Mulai 1 April, SoundCloud akan mulai menggunakan sistem baru di mana royalti yang diambil dari setiap pelanggan hanya akan diberikan ke artis yang mereka streaming/tonton.

Namun, sistem ini hanya akan berlaku untuk sekitar 100.000 artis independen yang menghasilkan uang langsung melalui situs. Sedangkan musikus yang memiliki lisensi dari label besar akan terus dibayar melalui metode konvensional.

SoundCloud mengatakan sistem pembayaran baru  akan memberdayakan pendengar dan mendorong keragaman yang lebih besar dalam gaya musik.

"Artis sekarang lebih siap untuk mengembangkan karier mereka dengan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan penggemar mereka," kata pernyataan itu. "Penggemar dapat secara langsung mempengaruhi bagaimana artis favorit mereka dibayar."

Sebuah studi oleh Pusat Musik Nasional Prancis awal tahun ini menemukan bahwa 10% dari semua pendapatan dari Spotify dan Deezer hanya dinikmati oleh 10 artis di posisi teratas. (AFP/M-4)

 

Baca Juga

Sajjad HUSSAIN / AFP)

Kebiasaan Mengonsumsi Madu Ternyata Sudah Dimulai 3.500 Tahun Lalu

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 15 April 2021, 04:10 WIB
Wilayah ekskavasi Breunig bersama Dunne di Nok kini dianggap sebagai situs perburuan madu tertua yang pernah...
123RF/Katarzyna BiaƂasiewicz

Ini yang Dapat Dilakukan untuk Melalui Masa Duka

👤Irana 🕔Rabu 14 April 2021, 23:11 WIB
Duka adalah proses yang cukup sepi tanpa kita perlu mengisolasi...
Ist

Mengenal Keunggulan Daging Sapi Khas Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 22:45 WIB
Daging sapi wagyu fullblood merupakan daging yang berasal 100% dari genetika sapi Jepang dan dibesarkan dengan menggunakan teknik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya