Kamis 25 Februari 2021, 14:45 WIB

Koi Tertua di Dunia Diperkirakan Berusia 226 Tahun

Galih Agus Saputra | Weekend
Koi Tertua di Dunia Diperkirakan Berusia 226 Tahun

Unsplash/ Jason Leung
(Ilustrasi) Hanako, ikan yang pernah hidup di Jepang, diyakini sebagai koi tertua di dunia karena berusia hingga 226 tahun.

SEEKOR ikan asal Jepang bernama Hanako diyakini sebagai  koi tertua di dunia. Usianya diperkirakan mencapai 226 tahun sebelum kematiannya pada 1977. Koi betina itu bewarna merah tua dan lahir pada 1751 atau lebih tepatnya di era pemerintahan Tokugawa.

Kisah Hanako cukup menarik karena rata-rata ikan koi hanya berusia 40 tahun. Keberadaan Hanako diceritakan sang pemilik terakhir, Komei Koshihara, saat diwawancara sebuah stasiun radio pada 1966.

Koshihara mengaku mengetahui usia Hanako dari verifikasi yang diberikan tenaga ahli di Laboratory Animal Science of the Nagoya Women's College, Masayoshi Hiro. Dalam proses amatannya, Hiro melakukan analisis cincin pertumbuhan sisik Hanako selama kurang lebih dua bulan.

Kala itu, meski usianya sudah lebih dari dua abad, Koshihara mengatakan Hanako masih dalam kondisi sempurna dan mampu berenang tenang di jarak pendek. Beratnya mencapai 7,5 kg dengan panjang 70 cm.

"Dia dan aku adalah teman kesayangan. Ketika aku memanggilnya 'Hanako! Hanako!', tanpa ragu-ragu dia berenang ke kakiku. Jika kutepuk kepalanya pelan-pelan, dia terlihat sangat senang," kata Koshihara yang kisahnya dituturkan kembali oleh Ladbible, Selasa, (23/2).

Koshihara juga mengungkapkan Hanako merupakan warisan dari nenek istrinya. Ketika ia menikahi sang istri, ia kemudian mendapat perintah untuk menjaga Hanako dengan baik. (M-1)

Baca Juga

Sajjad HUSSAIN / AFP)

Kebiasaan Mengonsumsi Madu Ternyata Sudah Dimulai 3.500 Tahun Lalu

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 15 April 2021, 04:10 WIB
Wilayah ekskavasi Breunig bersama Dunne di Nok kini dianggap sebagai situs perburuan madu tertua yang pernah...
123RF/Katarzyna BiaƂasiewicz

Ini yang Dapat Dilakukan untuk Melalui Masa Duka

👤Irana 🕔Rabu 14 April 2021, 23:11 WIB
Duka adalah proses yang cukup sepi tanpa kita perlu mengisolasi...
Ist

Mengenal Keunggulan Daging Sapi Khas Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 22:45 WIB
Daging sapi wagyu fullblood merupakan daging yang berasal 100% dari genetika sapi Jepang dan dibesarkan dengan menggunakan teknik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya