Selasa 09 Februari 2021, 11:52 WIB

Gunung Es Mini ini jadi Spot Wisata Dadakan

Bagus Pradana | Weekend
Gunung Es Mini ini jadi Spot Wisata Dadakan

Instagram @ttaitarazova
'Gunung es' di Almatu, Kazakhstan

 

Wilayah Almaty, Kazakhstan selalu tertutup es tebal saat musim dingin tiba. Namun, cuaca buruk tidak lantas menghentikan ribuan orang untuk mengunjungi 'gunung es' di daerah itu.

Berdiri setinggi 14 meter, struktur beku berbentuk kerucut yang terbentuk di atas mata air bawah tanah menjadi destinasi wisata dadakan desa Kegan dan Shrganak, di Almaty, yang terletak sekitar empat jam dari ibu kota Kazakhstan, Nursultan.

Penduduk lokal menyebutnya sebagai 'gunung berapi es', meski bukan gunung berapi sungguhan tapi efek semburan air pada situs ini sering dianalogikan oleh warga lokal seperti asap yang dimuntahkan dari gunung berapi.

Formasi es yang menyerupai gunung ini diketahui telah terbentuk sejak tahun lalu dan menjadi destinasi yang cukup ramai saat musim dingin tiba.

"Secara umum, ini adalah air artesis yang menyembur dari tanah. Di musim panas, kawasan ini merupakan taman hijau," papar Samal Zhainak, seorang warga lokal setempat seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Senin (8/2).

"Namun di musim dingin, pemandangan di lokasi ini berubah dengan adanya [gunung es] setinggi menjadi 14 meter yang mampu menciptakan lokasi yang indah untuk berfoto ria dan merayakan pergantian tahun," imbuhnya.

Pada Februari 2020, struktur serupa juga ditemukan oleh ahli meteorologi Amerika, Ernie Ostuno di dekat Danau Michigan. Ernie menemukan gundukan es berbentuk kerucut itu pada hari Minggu di Oval Beach, Saugatuck, Michigan.

Sama seperti gunung es di Kazakhstan, formasi gundukan (gunung es) di Michigan juga dapat menyemburkan air, terutama saat mendapatkan dorongan dari gelombang di bawah lapisan es dari danau yang membeku. (DailyMail/M-2) 

Baca Juga

Instagram @__youngbae__

Taeyang Jadi Duta Merek Givenchy

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 09:45 WIB
"Saya sungguh bersyukur dapat memulai bagian dari hidup saya ini bersama Givenchy. Ini sungguh sangat berarti untuk...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Kesambet

👤Tiyok 🕔Minggu 29 Januari 2023, 05:55 WIB
JON katanya kalo orang kesambet itu kerasukan mahluk halus...
Butet K

Bung Sentil: Kesambet Iblis

👤Butet K 🕔Minggu 29 Januari 2023, 05:35 WIB
BUNG ati-ati lho...Kalau ngoceh di medsos. Bisa kena pasal pidana..trus nanti mewek-mewek pasang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya