Kamis 28 Januari 2021, 06:50 WIB

Ron Campbell, Kartunis The Beatles Tutup Usia

adiyanto | Weekend
Ron Campbell, Kartunis The Beatles Tutup Usia

IMdb.com
Adegan dalam serial animasi The Beatles

RON Campbell, animator yang mengerjakan serial kartun The Beatles dan film Yellow Submarine, meninggal dunia pada usia 81 tahun. Seperti dikutip Ultimateclassickrock.com, Rabu (27/1), kabar itu diposting di halaman Facebook Campbell oleh rekan bisnisnya, Scott Segelbaum, pada Selasa (26/1). "Dengan kesedihan dan berat hati saya menerima berita bahwa animator, produser, sutradara terkenal, Ron Campbell meninggal dunia pada usia 81 tahun," tulis Segelbaum. "Ron adalah teman baik dan rekan bisnis saya selama lebih dari satu dekade. Kematiannya meninggalkan kehampaan yang besar," imbuhnya.

Scott melanjutkan, “Campbell adalah salah satu orang terakhir yang benar-benar menghidupkan masa kecil kita.”

Menurut penuturan Scott, membuat film kartun adalah sesuatu yang diimpikan Ron sejak berusia enam tahun ketika dia mengetahui bahwa film pendek Tom & Jerry yang dia tonton di televisi,  hanyalah gambar. “Dia kagum bahwa dia akhirnya bisa membuat gambar yang bisa menjadi hidup."

Campbell lahir pada 26 Desember 1939 di Seymore, Victoria, Australia, dan belajar di Institut Seni Swinburne di Melbourne. Sebelum berusia 20 tahun, dia telah mendapat proyek membuat animasi episode Krazy Kat dan Beetle Bailey. Pada 1965, produser acara tersebut, Al Brodax, membawanya menjadi animator dan sutradara  film animasi The Beatles, sebanyak 39 episode selama dua tahun. Film itu menggunakan lagu-lagu The Beatles, tetapi karakter John Lennon dkk disuarakan oleh aktor.

Setelah menggarap animasi itu, Broadax menyewa Campbell dan Duane Crowther untuk mengerjakan Yellow Submarine, film animasi The Beatles lainnya. Judul film itu diambil dari nama album ke-10 band legendaris Inggris tersebut yang dirilis pada Agustus 1966.

Campbell kemudian pindah ke AS, dan, selama sisa kariernya bekerja untuk studio terkenal seperti Jay Ward Productions (George of the Jungle), Hanna-Barbera (Scooby-Doo, The Flintstones, The Jetsons, The Smurfs) dan Disney (Darkwing Duck and The New Adventure of Winnie the Pooh).

Ia pensiun pada 2008 tetapi tetap aktif memamerkan karyanya dan menjual lukisannya berdasarkan karakter yang ia gambar. "Saat dia mulai berkeliling Amerika Serikat, mengunjungi galeri seni dan bertemupenonton yang tumbuh besar dengan kartunnya, dia menyadari sesuatu yang tidak pernah terpikir olehnya saat itu…dampak yang luar biasa dari kartun terhadap penonton,” ujar Scott. (M-4)

Baca Juga

Butet. K/Widiyatno

Bung Sentil Kekurangan Pemimpin

👤Butet. K 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:10 WIB
Kamu tuh baru LULUS UJIAN Kalau bisa bikin PROYEK MANGKRAK!!! Kalau tidak saya...
MI/Tiyok

Jon Bodo Belanja

👤Tiyok 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:10 WIB
Mumpung ada waktu belanja...
Dok. MI

Sudoku Edisi 28 Februari 2021

👤Media Indonesia 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:05 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number place) merupakan teka-teki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya