Rabu 27 Januari 2021, 15:16 WIB

Ada Penyusup, Apple Instruksikan Pengguna Perbarui iOS

Putri Rosmalia | Weekend
Ada Penyusup, Apple Instruksikan Pengguna Perbarui iOS

Mirko Vitali/123RF
Gerai Apple di Los Angeles, AS.

 

Apple Inc. mengimbau seluruh pengguna iPhone dan iPad untuk segera memperbaharui atau meng-update sistem operasi gawai mereka. Update harus segera dilakukan untuk memperbaharui sistem keamanan yang telah dijangkau oleh peretas.

Seperti dilansir dari cnn.com, Rabu, (27/1), pihak Apple menyatakan bahwa mereka tengah menghadapi masalah terkait sistem keamanan. Dikhawatirkan peretas telah menjangkau sistem keamanan mereka. 

Namun, pihak Apple belum menjelaskan secara resmi dan lebih jauh mengenai masalah tersebut. Termasuk apakah para peretas telah berhasil melakukan pencurian data. Apple hanya meminta agar seluruh pengguna iPhone dan iPad untuk segera update gawainya karena ada tiga celah yang secara aktif telah dieksploitasi. 

Pada Selasa, (26/2), pihak Apple telah merilis patch keamanan baru sebagai bagian dari software iOS 14.4. Di dalamnya juga terdapat sistem perbaikan untuk mencegah masalah di keyboard dan membuat sistem pembacaan QR code menjadi lebih akurat.

Pihak Apple juga menjelaskan bahwa apabila tidak segera melakukan update, masalah keamanan yang dapat menyerang gawai kemungkinan besar akan masuk melalui fitur Safari dan iOS browser. 

Selama ini, Apple menyatakan selalu mengedepanan keamanan sistemnya. Meski begitu, ternyata masih ada peretas yang berhasil menjangkau sistem gawai keluaran Apple tersebut.

Pada 2020 lalu, peneliti Google menemukan beberapa web menampilkan kode yang bisa digunakan peretas menjebol sistem iPhone. (CNN/M-2) 

Baca Juga

medcom.id

Cara Mandi Pengaruhi Penampilan Kulit dan Rambut Anda

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 16 Januari 2022, 10:30 WIB
Teknik yang tepat saat mandi dapat membuat kulit bercahaya, rambut berkilau, dan meningkatkan suasana...
Dok. Pribadi

Optimalkan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak

👤Fathurrozak 🕔Minggu 16 Januari 2022, 06:30 WIB
BELAKANGAN, kita kembali dikejutkan berbagai rentetan kasus kekerasan seksual dengan korban kelompok...
Dok. Pribadi

Ciptakan Aplikasi untuk Anak Penyandang Disabilitas

👤Nike Amelia Sari 🕔Minggu 16 Januari 2022, 06:20 WIB
DUA siswa Madrasah Aliyah  Negeri (MAN) 2 Model Medan, Muhammad Rayyan Doli Rangkuty dan Zakaria Rafi, baru-baru ini berhasil meraih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya