Rabu 27 Januari 2021, 13:05 WIB

Epidemiolog Terus Ingatkan Pentingnya 3M

Putri Rosmalia | Weekend
Epidemiolog Terus Ingatkan Pentingnya 3M

Unsplash/ Melissa Jeanty
Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, efektif menangkal virus.

INDONESIA mulai memasuki fase vaksinasi untuk menekan penularan covid-19. Saat ini tenaga medis dan pelayanan publik yang menjadi kelompok pertama penerima vaksin. Dalam waktu satu tahun ke depan, seluruh masyarakat yang memenuhi syarat direncanakan juga akan menerima vaksin covid-19.

Vaksin memang memberi angin segar dalam upaya penghentian pandemi covid-19 yang semakin parah penyebarannya. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Saat ini hingga Selasa, (26/1), menurut laman worldometer.com, di seluruh dunia covid-19 telah menginfeksi lebih dari 100 juta orang. 
Di Indonesia, angkanya telah melewati 1juta jiwa.

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko, mengatakan bahwa vaksin tidak bisa menjadi hal yang diandalkan untuk menyelesaikan pandemi. setiap orang harus tetap memiliki kesadaran penuh untuk tetap menjalankan pola hidup yang bersih dan aman dengan menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Jadi Vaksin bukan hanya satu-satunya sebagai intervensi yang dilakukan pada penanggulangan covid-19,” ujar Tri Yunis, ketika dihubungi, Rabu, (20/1).

Tri mengatakan untuk bisa mencapai keberhasilan program vaksin, harus ada beberapa faktor yang mendukung. Mulai dari cakupan vaksin yang mencapai 90%, tes yang diperbanyak, karantina yang diperketat, dan juga protokol kesehatan yang dijalankan dengan baik.

“Kalau wabah itu tidak bisa main-main, kalau main-main jadi begini ceritanya, tidak selesai-selesai,” ujar Tri Yunis. Ia juga mengatakan masyarakat harus selalu berusaha menjaga imunitas tubuh. Karena saat ini sebelum vaksin didapatkan, andalan dalam melawan virus adalah sistem imun tubuh. (M-1)

Baca Juga

MI/Ebet

Bersahabat dengan Alam

👤Adiyanto Wartawan Media Indonesia 🕔Minggu 28 Februari 2021, 05:00 WIB
PEKAN lalu, kawasan Kemang serta beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya...
Butet. K/Widiyatno

Bung Sentil Kekurangan Pemimpin

👤Butet. K 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:10 WIB
Kamu tuh baru LULUS UJIAN Kalau bisa bikin PROYEK MANGKRAK!!! Kalau tidak saya...
MI/Tiyok

Jon Bodo Belanja

👤Tiyok 🕔Minggu 28 Februari 2021, 04:10 WIB
Mumpung ada waktu belanja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya