Selasa 26 Januari 2021, 21:15 WIB

Ogah Keriput Dini? Lakukan 5 Rutinitas ini

Putri Rosmalia | Weekend
Ogah Keriput Dini? Lakukan 5 Rutinitas ini

123RF
Lima

Seiring pertambahan usia, kulit manusia akan mulai mengalami kerutan. Seseorang dengan kulit yang kering cenderung lebih cepat mengalami munculnya kerutan. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit sejak dini.

Melansir dari theguardian.com, Selasa, (26/1), Ahli dermatologi, Cristina Psomadakis, mengatakan bahwa setidaknya 60% dari tubuh manusia adalah cairan. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh secara keseluruhan menjadi kekurangan nutrisi, termasuk kulit. Berikut ini lima cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit wajah dan tubuh menjadi kering dan cepat keriput. 

 

1. Cukup minum air putih 

Asupan air putih merupakan salah satu yang paling penting dan tidak bisa diremehkan. Air merupakan sumber nutrisi alami yang ampuh menjaga kelembapan kulit. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Untuk memaksimalkan kesehatan kulit, Anda juga bisa mengonsumsi cairan lain yang bernutrisi seperti jus atau cairan elektrolit. Beberapa jenis minuman seperti air kelapa dan jus semangkan dinilai sangat baik untuk menghidrasi tubuh.

 

2. Pilih makanan mengandung air

Tomat, ketimun, dan brokoli, merupakan beberapa contoh bahan makanan yang mengandung air dalam kadar tinggi. Jenis-jenis makanan tersebut jug akaya akan vitamin yang baik untuk kulit. Bila Anda termasuk golongan orang yang tidak suka minum dalam jumlah banyak, memilih jenis makanan dengan kadar air tinggi bisa menjadi solusi.

 

3. Bijak pilih perawatan kulit

Jangan sembarangan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare. Pilihlah yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Semakin alami bahan yang digunakan, akan semakin baik bagi kulit. 

 

4. Kelola stres

Sudah bukan rahasia lagi bahwa stres dapat membuat seseorang terlihat lebih serius dan tua. Tubuh akan mengami penurunan kualitas ketika seseorang sering mengalami stres. Karena itu, kelola stres dengan baik. Lakukan hal yang dapat menenangkan pikiran, seperti berolahraga secara teratur dan keluar ke alam terbuka.

 

5. Prioritaskan tidur yang cukup

Tidur merupakan kegiatan yang tidak bisa ditawar bagi manusia. Tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk bisa bekerja dengan maksimal. Tak hanya untuk kesehatan tubuh dan pikiran, tidur yang cukup juga akan berdampak signifikan bagi kesehatan dan kelembapan kulit. Dengan begitu, Anda bisa menunda untuk terlihat tua. (M-2) 

Baca Juga

Ist

Start-up Lokal Ini Padukan Kopi dan Ayam Goreng

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:00 WIB
Ayam goreng merupakan salah satu  makanan yang paling disukai masyarakat...
Daniel ROLAND / AFP

Berburu jadi Gaya Hidup Baru Generasi Muda di Jerman

👤Adiyanto 🕔Kamis 25 Februari 2021, 16:30 WIB
Lisensi berburu kini semakin populer di Jerman, negara yang mayoritas penduduknya gemar mengonsumsi...
Unsplash/ Jason Leung

Koi Tertua di Dunia Diperkirakan Berusia 226 Tahun

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 25 Februari 2021, 14:45 WIB
Ikan bernama Hanako itu mati pada 1977 dan usianya diyakini masih yang terpanjang hingga saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya