Minggu 03 April 2016, 00:40 WIB

Nexus, Perusahaan Komik Digital SMKBI

Farasya Ninda, SMA HighScope Indonesia/M-1 | Weekend
Nexus, Perusahaan Komik Digital SMKBI

DOK NEXUS

 

MASIH sekolah, tapi punya bisnis? Bisa kok, untuk melatihnya, berbagai sekolah-sekolah di Indonesia mengadakan virtual enterprises (VE) dan student Company (SC). Di sana, siswa menjalankan simulasi perusahaan bersama teman-teman kelasnya.

Sekolah Rezaldi Akbar, SMK Bina Informatika, ialah salah satunya. Pada Rabu (30/3), Media Indonesia bertemu dengan Aldi untuk mengobrolkan perusahaan sekolahnya, Nexus.

"Sekolah kita punya program yang disebut student Company. Program ini untuk anak-anak yang minat sama bisnis dan kita belajar dan latihan untuk berbisnis," ujar Aldi. Ini hasil obrolan lengkap Muda dengan Aldi ya!

Kegiatan di Nexus apa saja?

Kita mengurus perusahaan seperti perusahaan beneran. Perusahaan kami punya Branch produksi, marketing, keuangan, public relations, sama HR. Kita menjalankan bisnis ini sendiri. Pembimbing kita hanya mengajarkan.

Jabatan kamu apa?

Aku presiden direktur. Tugasku mengatur perusahaan secara keseluruhan, menjaga bawahanku, dan mendorong mereka. Aku bertanggung jawab untuk semua yang kita bikin.

Ceritakan soal Nexus dong?

Nama perusahaan kita itu Nexus. Produk utama kita itu komik yang bisa dibeli digital dan cetak. Komik Nexus bisa dibaca semua umur, tapi kita lebih target ke remaja dan anak muda. Rencananya, komik kita akan dijual Rp35 ribu sampai Rp40 ribu karena isinya berkualitas.

Kenapa memilih usaha komik?

Karena dari komik, kita bisa menyampaikan cerita dengan banyak cara. Komik bisa main dengan emosi; bisa bikin nangis, marah, senang, dll. Kalau pakai gambar pembaca bisa lebih nyambung sama ceritanya. Komik juga menarik orang-orang yang suka seni.

Komik-komik Nexus sudah ada yang terbit belum?

Sekarang sih belum, soalnya Nexus baru berjalan sejak Oktober. Kita lagi buat satu komik yang masih direvisi. Rencananya mau segera keluar namun bisa di praorder lewat Line kita (@tkw7956n).

Ceritanya tentang apa?

Kalau mau tahu harus beli, dong. Namun, singkatnya ini tentang 3 orang dengan kepribadian yang beda dari norma sosial. Karena tidak bisa fit in, mereka main bareng. Kita mau ceritanya relatable untuk anak SMA. Itu kan masa yang paling seru!

Wah, keren juga. Ada komik-komik yang lain?

Kita sekarang lagi fokus dengan satu komik biar isinya lebih bagus.

Ada tidak kesulitan saat menjalani perusahaan?

Biasanya mengurus waktu, membagi antara SC dan tugas sekolah. Terus tugas sekolah sendiri juga bikin sibuk. Kita juga cuma punya dua ilustrator yang sama-sama murid. Ya namanya juga student company. Pokoknya semuanya punya tight schedule. Biarpun susah, tantangan inilah yang bikin seru. Kalau gampang malah jadi bosan.

Bagaimana caranya kamu mengurusnya?

Aku percaya dengan teman-teman. Aku percaya kalau mereka mau aktif dan berinisiatif di perusahaan ini. Aku juga motivasi mereka sama gim atau makanan. Soalnya siapa sih yang nggak suka makanan?

Rencana untuk Nexus ke depan apa?

Kita masih fokus membuat komik dan nantinya akan bikin merchandise seperti stiker, kartu, dan stiker Line. Nanti ke depan kita akan buat seri komik dan film pendek & panjang.

Kamu punya rencana sehabis lulus tidak?

Aku masih kelas 10, tapi saat lulus maunya langsung kuliah jurusan visual arts. Terus aku mau lanjut di dunia bisnis, sebagai karyawan maupun presdir, asal di bidang seni. Aku juga rencana untuk lanjutin Nexus saat kuliah.

Apa harapan kamu untuk perusahaan kamu setelah lulus?

Sekarang sih aku maunya bisnis kita laku sama penjual dan pembelinya senang. Kalau bisa, aku mau Nexus jadi perusahaan beneran, besar, dan menduniai. Kalau Nexus bisa hidup sampai selesai sekolah, ya kenapa enggak!

Baca Juga

Dok. Pribadi

Partisipasi SMK Muhammadiyah Salaman Peringati HUT RI

👤Alba Yoga Purnama - SMK Muhammadiyah Salaman, Magelang 🕔Kamis 29 September 2022, 13:00 WIB
Kegiatan untuk memeperingati ulang tahun Hari Kemerdekaan RI ini ternyata memberikan banyak dampak positif bagi para...
Dok. L’oreal Paris.

Ariel Tatum dan Kreator Konten Tamara Dai Tampil di Peragaan Busana Le Defile L’oreal Paris

👤Fathurrozak 🕔Kamis 29 September 2022, 10:16 WIB
Gelaran ini sudah berjalan selama lima tahun sebagai bagian resmi Paris Fashion...
MI/Fathurrozak

Indonesia Comic Con 2022 Hadirkan Sri Asih, Cosplayer, dan Vtuber

👤Fathurrozak 🕔Kamis 29 September 2022, 10:04 WIB
Indonesia Comic Con (ICC) 2022 berlangsung selama dua hari, 1-2 Oktober, di hall B Jakarta Convention Center...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya