Senin 14 Desember 2020, 11:26 WIB

Teater Koma Tutup Tahun dengan Cinta Semesta

Galih Agus Saputra | Weekend
Teater Koma Tutup Tahun dengan Cinta Semesta

Indonesia Kaya
Pementasan Cinta Semesta dari Teater Koma.

Menutup akhir 2020, Teater Koma membawakan lakon 'Cinta Semesta'. Kisah tersebut dipentaskan secara daring pada Sabtu dan Minggu (12-13/12). Berangkat dari program 'Digitalisasi Koma', sajian ini diselenggarakan sebagai upaya kreatif dan menghibur penikmat seni agar tetap dapat menyaksikan pertunjukan dari rumah di masa pandemi.

Menurut Manajer Teater Koma, Ratna Riantiarno, pandemi Covid-19 yang terjadi sepanjang 2020 telah membuat banyak acara seni diundur, bahkan dibatalkan. Hal ini turut mendorong tim untuk terus berinovasi dalam menyajikan beragam pementasan secara daring.

"Berangkat dari itu, akhirnya tercetuslah 'Digitalisasi Koma', sebuah upaya yang kami lakukan untuk tetap berkarya dalam masa pandemi. Semoga walau tidak dapat disaksikan secara langsung di gedung seni pertunjukan, pementasan ini dapat sedikit menghilangkan kerinduan para penikmat seni pada Teater Koma. Apapun situasi dan kondisinya kami akan tetap berkarya, karena itulah semangat kami tidak pernah titik, selalu koma,” imbuh perempuan yang juga menjabat sebagai Pimpinan Produksi tersebut

'Cinta Semesta' sendiri dalam kesempatan ini dipentaskan selama 99 menit. Sepanjang pertunjukan penikmat seni disuguhi sekuel atau lanjutan dari lakon sebelumnya yakni Gemintang (2018). Naskah ditulis N. Riantiarno, sementara sutradaranya ialah Idries Pulungan.

Adapun narasi di dalamnya bercerita tentang kisah percintaan antara seorang manusia bernama Arjuna dan alien bernama Sumbadra dari galaksi yang letaknya di ujung semesta. 

Kisah berawal di Observatorium Bosscha Lembang, dimana dua ilmuwan tua bernama Arjuna dan Chan Lan Nio bersiap-siap menyambut kedatangan seorang tamu istimewa. Dia adalah Sri Ratu Saspikaraturnakasih dari Planet Pispakanakasssuah, yang didampingi penasehat sekaligus pengawal pribadinya, Ababakababa.

Sang Ratu datang untuk menyampaikan pesan bagi Arjuna, bahwa Sumbadra, wanita dari planet Ssumvitphphpah yang dicintai Arjuna, mungkin akan datang lagi ke Bumi. Sumbadra sudah bisa menemui Arjuna, karena perang yang melanda planetnya telah usai. (M-2) 

Baca Juga

Dok. Buku Mojok

Susah Senang Jadi Katolik

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 18 September 2021, 06:35 WIB
TERLAHIR sebagai bagian kelompok minoritas amat mungkin menghadirkan kesan tersendiri bagi yang...
Dok. Bentang Pustaka

Meraih Bahagia tanpa Melakukan Apa-Apa

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 18 September 2021, 06:30 WIB
Menurut si penulis, mempraktikkan niksen bukan berarti kita egois, bermalas-malasan. Sebaliknya, kita mungkin saja justru memberikan...
123RF

Dari Sayembara Cerpen sampai Lelang Puisi, Media Indonesia Gelar Festival Bahasa dan Sastra

👤Fathurrozak 🕔Jumat 17 September 2021, 22:54 WIB
Festival ini diharapkan jadi medium untuk merefleksikan penggunaan bahasa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya