Rabu 02 Desember 2020, 18:15 WIB

Minggu Depan Akan Ada Festival Filsafat Terbesar Tanah Air

Galih Agus Saputra | Weekend
Minggu Depan Akan Ada Festival Filsafat Terbesar Tanah Air

Dok. Instagram @philofestid
Komunitas Mikir merupakan salah satu pengisi di sesi Panel Ide, Philofest.id.

ANDA suka filsafat? Jika demikian jangan lewatkan Philofest.id yang diklaim sebagai festival filsafat terbesar di Tanah Air.

Akan berlangsung secara daring, pada 7 - 13 Desember 2020, festival ini diikuti puluhan pegiat filsasat, di antaranya adalah pengkaji filsafat post-human dan Pendiri Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko; pengajar filsafat Unika Sanata Dharma, Haryatmoko; Wakil Dekan Akademik Universitas Bhayangkara, Hizkia Yosie Polimpung; pengkaji filsafat di Islam Bergerak, Muhammad Al-Fayyadl; pengajar filsafat STF Al-Farabi, Achmad Dhofir Zuhry; serta pengajar filsafat di Universitas Pertahanan, Ito Prajna-Nugroho.

Penggagas Philofest.id sekaligus penulis pengantar acara tersebut, Martin Suryajaya melalui akun Youtubenya, Selasa (1/12) mengungkapkan jika acara itu juga melibatkan penerbit, pembaca, dan pelaku filsafat dalam bentuk populer. "Saya menghimpun berbagai inisiatif yang selama ini tercerai berai, dalam sebuah ekosistem yang dilandasi kesadaran bersama," ujarnya.

Adapun komunitas yang turut mendukung platform ini, antara lain Kelas Isolasi (Bandung), Logos Id (Jakarta), LSFD (Malang), Zeno Center for Logic and Metaphysic (Yogyakarta), Bentang Filsafat (Kalimantan Barat, Masyarakat Filsafat Indonesia (Jakarta), dan lain sebagainya.

"Tema-tema yang akan diangkat seperti pentingnya filsafat di era 4.0. Peran penting filsafat di era 4.0 semakin mengemuka, sebagai suatu kajian yang sifatnya generalis, yang tidak bisa digantikan oleh mesin, karena mesin selalu bekerja dengan logika spesialis," tambah Martin.(M-1)

Baca Juga

Instagram Nimsdai

Capai Puncak K2 di Musim Dingin, 10 Sherpa Tulis Sejarah Dunia

👤Irana 🕔Minggu 17 Januari 2021, 09:44 WIB
Dalam dunia pendakian puncak-puncak dunia yang telah lama didominasi pendaki dan ekspedisi barat --yang mengandalkan Sherpa untuk...
Sumber: Boeing/National Geographic/Gulfnews/Graphic News/Tim Riset MI-NRC

Mengenal Sejarah dan Teknologi Black Box Pesawat

👤Sumber: Boeing/National Geographic/Gulfnews/Graphic News/Tim Riset MI-NRC 🕔Minggu 17 Januari 2021, 04:45 WIB
SEKITAR seminggu lalu, tepatnya Sabtu (9/1), pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 tujuan Pontianak jatuh di perairan...
MI/Tiyok

Berbagi Seru Main di Alam

👤Bagus Pradana 🕔Minggu 17 Januari 2021, 04:00 WIB
Bermain di alam bisa membantu kita belajar kreatif dan mencintai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya