Selasa 01 Desember 2020, 14:45 WIB

Kinosaurus Tutup Ruang Putar Bioskopnya

Fathurrozak | Weekend
Kinosaurus Tutup Ruang Putar Bioskopnya

Dok. Instangram @kinosaurusjakarta
Bioskop alternatif Kinosaurus mengungkapkan akan hadir lewat wujud baru, setelah menutup ruang putar di Kemang, Jakarta, Selasa (1/12).

SETELAH lima tahun menjalankan inisiasi ruang putar alternatif, hari ini (1/12) Kinosaurus mengumumkan penutupan ruang putarnya. Pengumuman itu disampaikan melalui akun Instagram dan Twitter Kinosaurus. 

Kinosaurus mengungkapkan jika penutupan ruang putar yang berlokasi di Aksara Kemang, Jakarta Selatan ini disebabkan belum dapat memenuhi biaya operasional.

'Terhitung sejak bulan Desember 2020, Kinosaurus resmi menutup ruang pemutaran yang berada di Kemang Raya 8b, Jakarta Selatan. Alasannya secara hitung-hitungan, kami belum dapat memenuhi biaya operasional, terutama sejak pandemi menyerbu. Selain itu, kami merasa kondisi ruangan tersebut tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengunjung di era pandemi ini,' tulis keterangan di Instagram @kinosaurusjakarta.

Meski begitu Kinosaurus yang hadir sejak Desember 2015 mengungkapkan jika mereka tetap berdiri namun akan berjalan dengan wujud baru. 'Nantikan pengumuman berikutnya mengenai rumah baru kami -- daring maupun luring -- dimana kami akan berjumpa kembali dengan kalian,' lanjut keterangan dari Kinosaurus.


Kehadiran bioskop alternatif Kinosaurus telah mampu memberikan pilihan penonton pada film-film yang tidak mendapat kesempatan diputar di jaringan bioskop arus utama. Dalam setiap pemutarannya, penonton dikenakan tiket donasi sebesar Rp 50 ribu, dan akan mendapat kartu untuk di-stempel setiap menonton. Setelah mendapat 10 stempel, penonton berhak mendapat bonus sekali menonton film tanpa membayar tiket.

Selain mengadakan pemutaran, Kinosaurus juga menjadi ruang diskusi tentang perfilman lewat program Sekolah Minggu. Mereka mengundang para pelaku perfilman dari berbagai posisi seperti produser, sutradara, publisis, hingga kritikus film. Beberapa sosok yang pernah mengisi program tersebut di antaranya Eric Sasono (akademisi dan kritikus film), Sheila Timothy (produser), Joko Anwar (sutradara), Kamila Andini (sutradara), Meiske Taurisia (produser), Edwin (sutradara), Garin Nugroho (sutradara), dan Slamet Rahardjo (aktor).

Di samping itu, Kinosaurus juga menginsiasi beberapa kali kursus beberapa bidang yang ada di perfilman lewat program C.C.C. (Cinema. Crash. Course.). Dalam program tersebut, kursus seperti penyutradaraan, produksi, dan penulisan cerita turut dihadirkan. Mouly Surya, Edwin, Lucky Kuswandi, Tumpal Tampubolon, dan Prima Rusdi adalah beberapa nama di antara pengajarnya.

'Segala macam hiruk pikuk perfilman coba kita bagikan lewat ruangan yang intim dan suasana yang santai. Kami ingin berbagi keyakinan yang sama, sinema untuk semua dan bioskop alternatif yang mandiri dapat hidup, juga layak diperjuangkan,' tulis mereka. (M-1)

Baca Juga

AFP/QUEENSLAND POLICE SERVICE

Pria ini Bertahan Hidup di Hutan Hanya dengan Memakan Jamur

👤Adiyanto 🕔Minggu 24 Januari 2021, 17:00 WIB
Dia terakhir terlihat pada 6 Januari meninggalkan sebuah hotel di Kilkivan, sekitar 200 kilometer sebelah utara...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ramalan

👤Tiyok 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:25 WIB
Jon katanya tahun ini diramalkan akan terjadi kerusuhan dan krisis ekonomi dahsyat...
Butet.K/Widiyatno

Bung Sentil: Belang Bonteng

👤Butet.K/Widiyatno 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:25 WIB
Gimana? Keren...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya