Minggu 29 November 2020, 04:30 WIB

Empat Rambu-Rambu Mencari Pasangan Virtual

Mediaindonesia.com | Weekend
 Empat Rambu-Rambu Mencari Pasangan Virtual

AP
Ilustrasi

Seiring berkembangnya teknologi, cara terhubung satu sama lain pun juga berubah, termasuk cara mencari pasangan yang bisa dilakukan secara virtual.

Salah satunya platform pencarian jodoh Hawaya yang didirikan pada 2017 oleh Sameh Saleh di Mesir yang awalnya diciptakan untuk membantu saudarinya mencari pasangan untuk menikah. Hawaya sudah berekspansi ke Eropa, Amerika Utara hingga Asia Tenggara seperti Indonesia.

Dalam keterangan resmi, Sabtu, Hawaya memberikan empat hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memakai platform pencarian jodoh untuk mencari pasangan.

1. Ketahui tujuan Anda dan niat mereka
Anda harus mengetahui tujuanmu sebelum terjun ke platform pencarian jodoh. Hal ini penting supaya Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai tujuan karena ada banyak alasan untuk menggunakan aplikasi pencarian jodoh, baik untuk mencari pacar, teman, atau pasangan hidup.

Kenali diri sendiri dan kriteria pasangan yang diinginkan untuk menetapkan standard karena terdapat banyak pilihan yang tersedia. Selanjutnya, pastikan pasangan yang dipilih punya diat baik sebelum melangkah lebih jauh.

2. Buat profil menarik
Bila ingin menjalin hubungan jangka panjang, jujurlah dalam menuliskan deskripsi tentang diri sendiri. Deskripsi ini menunjukkan karakteristik dan profil yang dapat mencerminkan seberapa serius dalam hal menjalin hubungan.

Tuliskan hobi, hal yang disukai serta dan karakteristik yang bisa menjadi topik pembicaraan. Anda juga sebaiknya membangun citra yang jelas dan menarik untuk membuat kesan pertama yang baik.

3. Pilih topik pembicaraan secara bijak
Percakapan yang baik di awal dapat membawa ke perjalanan yang lebih bermakna. Arahkan percakapan dengan cara yang tulus dan jangan terburu-buru. Temukan beberapa topik yang menarik dan jadilah diri sendiri.

Mulailah dengan pertanyaan yang tidak terlalu personal untuk mengenali karakternya, baru lanjutkan ke hal-hal yang penting bagi hidup untuk mengetahui apakah dia tertarik. Menurut psikiater dewasa Ratna Mardiati, pasangan mencerminkan siapa kita dan nasib kita berubah ketika kita ingin berubah.

Maka, penting untuk berkomunikasi dengan sopan. Perhatikan dan lihat bagaimana tanggapan mereka sehingga Anda akan tahu kemana arah angin bertiup. Lebih baik menjauh jika mereka memberikan tanggapan yang kurang baik.

4. Pastikan semuanya berjalan sesuai jalur
Hanya karena Anda match dengan seseorang, bukan berarti Anda harus memulai hubungan yang serius pada saat yang bersamaan. Penting untuk mengetahui kecocokan antara Anda dan dirinya. Sebelum menjalin hubungan, luangkan waktu untuk saling memahami. Setelah betul-betul yakin orang tersebut baik dan dapat dipercaya, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Psikiater Ratna menyarankan untuk meminta pendapat pihak ketiga dari orang-orang yang memahami Anda, baik teman atau keluarga. Cara ini akan memberikan sudut pandang baru dari orang lain. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya