Rabu 25 November 2020, 23:00 WIB

Zenius Rilis Platform Pembelajaran untuk Para Guru

Putri Rosmalia | Weekend
Zenius Rilis Platform Pembelajaran untuk Para Guru

Instagram @zeniusuntukguru
Ilustrasi guru di masa PJJ.

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2020, Zenius mengumumkan peluncuran Zenius untuk Guru (ZuG), sebuah sistem manajemen pembelajaran yang dibuat oleh guru, untuk guru.

Platform tersebut bisa digunakan oleh guru se-Indonesia secara gratis, oleh guru segala mata pelajaran, pada segala jenjang pendidikan untuk memudahkan pengelolaan aktivitas pembelajaran.

Chief of Teachers Initiative Zenius Education, Amanda P Witdarmono, menjelaskan, ZuG berangkat dari misi Zenius sebagai pionir perusahaan ed-tech yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan Indonesia hingga ke tingkat global. Ia mengatakan Zenius berusaha memahami tantangan yang kerap dihadapi para guru, terlebih selama masa pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi covid-19 ini. 

Contoh tantangan yang dihadapi para guru antara lain adalah mencari bahan materi belajar yang menarik, membuat soal ujian yang cocok dengan tingkat kognitif dan pemahaman siswa, dan menilai hasil pekerjaan siswa. Kemudian, guru juga harus mendesain kegiatan belajar mengajar dengan menyenangkan, memotivasi, dan mudah diterima meski tanpa bisa berinteraksi langsung dengan siswa.

”Zenius untuk Guru hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa,” ujar Amanda, dalam webinar, Rabu, (25/11).

Dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, Amanda mengatakan ia berharap guru-guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka kuasai. Termasuk juga meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas dengan siswa sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi yang tinggi.

Sebelum peluncuran hari ini, Zenius telah membuka akses ZuG ke lebih dari 6 ribu guru di Indonesia untuk mendapatkan masukan dan menyempurnakan platform ZuG.

“Saya sangat bersyukur platform co-creation untuk guru seperti ZuG hadir di masa-masa sulit ini. Saya bisa membuat materi dan soal sendiri dengan lebih efisien karena menggunakan materi dari Zenius sebagai basisnya," kata guru SMA Gajah Mada Bandar Lampung Ervina Septiani yang telah menggunakan ZuG sejak September 2020. (M-2) 

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya