Selasa 24 November 2020, 11:35 WIB

Rayakan Tiga Dekade Berakting, Biografi Aktor Ikonik ini Terbit

Fathurrozak | Weekend
Rayakan Tiga Dekade Berakting, Biografi Aktor Ikonik ini Terbit

The Man Standing Next (2020)
Aktor Lee Byung-hun sebagai Kim Gyu-pyeong.

'Actor Lee Byung-hun’, adalah judul biografi yang ditulis oleh jurnalis film Beck Una tentang aktor ikonik Korea Selatan Lee Byung-hun.

Dalam buku tersebut, penulis dan jurnalis film Beck Una menyajikan kisah kehidupan, termasuk filmografi Lee. Buku tersebut, diterbitkan oleh perusahaan milik Una, Una Labo Actorology pada Kamis, (26/11) bertepatan dengan perayaan 30 tahun debut sang aktor. 

Lee baru-baru ini membintangi film The Man Standing Next, kisah di balik kudeta presiden Park era 1970-an. Film ini juga dipilih Korea Selatan sebagai wakil untuk maju dalam kompetisi Best International Feature Film di Academy Awards ke-93.

Buku setebal 288 halaman itu menelusuri perkembangan kepribadian Lee di layar serta gaya aktingnya sejak debutnya pada tahun 1991, dan mengeksplorasi pentingnya pengaruhnya terhadap dunia sinematik Korea modern. Una telah melakukan wawancara selama beberapa tahun pada Lee.

Buku ini dibagi menjadi lima bagian: anatomi, kolaborasi, analisis, wawancara dan ‘Byunghunology.’ Bab anatomi membedah karya yang dibintangi Lee dari Joint Security Area (2000) hingga The Man Standing Next (2020), dan menyertakan kata-kata Lee yang menggambarkan proses pembentukan karakter. Kutipan dari wawancara dengan Lee sendiri, rekan kerja, dan direkturnya ditempatkan di bab kolaborasi dan wawancara. Sementara istilah ‘Byunghunology’ merujuk pada kualitas kebintangan Lee dan efeknya terhadap status box office pada film yang dibintangi.

“Lee Byung-hun adalah aktor paling sempurna di antara orang-orang sezamannya untuk menganalisis dengan cara yang beraneka segi dan berlapis karena dia adalah seorang pemain yang telah membuktikan dirinya dengan pertunjukan tiga dimensi dan spektrum akting luas yang telah menghasilkan pencapaian konkret,” kata Una, dikutip dari Korea Times.

Aktor Song Kang-ho, yang membintangi Parasite juga memberikan kreditnya terhadap Lee di buku ini. Dia menyebut Lee merupakan sosok yang jujur dan berterus terang, sehingga membuat Lee tidak membatasi diri.

“Saya pikir itu telah memberikan banyak kebebasan dalam pertumbuhannya sebagai seorang aktor. Tampaknya kepolosan dan optimismenya yang kekanak-kanakan telah memberinya kebebasan untuk mencoba hal yang berbeda dan pada akhirnya, menjadi dasar untuk mengembangkan karir penampilannya,” kata Song. (KoreaTimes/M-2) 

 

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya