Minggu 01 November 2020, 03:20 WIB

Yusa Bella Putra: Tiru Suara Tokoh Dunia

Bagus Pradana | Weekend
Yusa Bella Putra: Tiru Suara Tokoh Dunia

MI/USMAN ISKANDAR
Yusa Bella Putra

PROFESI sulih suara atau voice actor diperkirakan semakin dicari seiring dengan masifnya perkembangan industri kreatif di Indonesia. Sulih suara biasanya merupakan pekerjaan di belakang layar. Profesi ini tak hanya mensyaratkan kemampuan membaca dan bicara yang baik, tapi juga kemampuan mendalami karakter tokoh yang dialihsuarakan. Profesi inilah yang kini sedang ditekuni Yusa Bella Putra.

Yusa, 24, ialah seorang voice actor merangkap youtuber yang dikenal sebagai peniru suara beberapa tokoh dalam gim Mobile Legend (ML). Namanya mulai naik daun setelah beberapa konten sulih suara yang ia unggah dalam kanal Youtube pribadinya (@yusaasuy) mendapat sambutan hangat dari warganet.

“Saya ini sebenarnya bukan seorang pemain promobile legend. Saya main gim ini hanya mengisi waktu luang. Jadi, memang enggak sampai jadi gamers gitu. Semua tokoh yang ada di gim Mobile Legend (ML), terutama yang karakter cowoknya, berhasil saya tiru suaranya. Jumlahnya ada 60 karakter hero,” papar Yusa dalam acara talkshow inspiratif Kick Andy, Minggu (1/11)

Pemuda kelahiran Bandung, 26 Januari 1996 ini mengaku bakatnya sebagai penyulih suara baru ia ketahui setelah mengikuti ekstrakulikuler kabaret saat di bangku SMA. Sejak aktif dalam beberapa pertunjukan kabaret di sekolahnya, Yusa mulai tertarik dengan seluk-beluk seni peran, termasuk teknik menyulih suara.

“Nah, sebenarnya antara kabaret dan voice over (sulih suara) itu berbeda. Kabaret itu kan lebih ke lip-sync kalau voice over itu langsung. Sebenarnya enggak ada latihan khusus untuk meniru suara tokoh-tokoh di Mobile Legend itu karena saya hobinya juga nonton film anime. Di situ saya pikir ada banyak karakter suara-suara, kadang secara otomatis saya menirunya,” imbuhnya.

Setelah lulus SMA, Yusa sempat aktif dalam Grup Kabaret New Kabisa dan mengikuti gelaran Festival Kabaret Bandung pada 2015. Dalam Festival tersebut, Yusa sukses memikat hati penonton dengan kemampuannya memeragakan suara dari dua tokoh bangsa, yaitu Nelson Mandela dan Soekarno.

“Saat itu saya menjadi pemain sekaligus sutradara. Menariknya ialah ditonton juga oleh para delegasi dari Konferensi Asia Afrika (KAA),” aku voice actor yang pernah membuat konten suara Presiden Jokowi tersebut. Ketertarikan Yusa dengan dunia sulih suara akhirnya mendorongnya untuk mendirikan sebuah rumah produksi film yang ia namai Dejavoo Entertainment.

Pada Maret 2019 lalu, ia mulai aktif membuat konten-konten Youtube yang mengusung tema seputaran sulih suara. Konten yang paling digemari warganet dari Youtube Yusa ialah ketika dirinya memperagakan skill-nya meniru suara dari beberapa karakter hero dalam gim Mobile Legend. Kini kanal Youtube-nya (@Yusaasuy) telah memiliki 73 ribu subscriber dan 3 ribu followers.

“Karena saya kebetulan juga kuliah di dunia perfilman dan kebetulan mempunyai bakat menirukan suara orang lain, akhirnya saya membuat rumah produksi film sendiri,” pungkas Yusa. (M-4)

Baca Juga

Unsplash/Harry Kessell

Ini Dia Tempat Honeymoon Favorit Warga Pinterest

👤MI Weekend 🕔Senin 30 November 2020, 14:21 WIB
Pemilihan ini didasarkan pada foto yang paling banyak disematkan pengguna...
Balenciaga

Label Fesyen ini Rilis Koleksi Anyar via Gim Video

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 30 November 2020, 08:00 WIB
Balenciaga tidak ingin kalah inovatif dari...
Antara/Dhemas Reviyanto

Inilah Tujuh Tips Aman Berkebun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 06:30 WIB
Seperti halnya aktivitas lain, bertanam memiliki risiko tertentu bagi kesehatan dan keselamatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya