Minggu 25 Oktober 2020, 02:45 WIB

Purana Luncurkan Koleksi Uniseks

MI | Weekend
Purana Luncurkan Koleksi Uniseks

Dok. Purana
Koleksi Uniseks

SETELAH lama dikenal sebagai label busana wanita, Purana akhirnya merambah ke ranah busana uniseks. Mini koleksi uniseks pertamanya dirilis dalam proyek kolaborasi dengan perupa Agan Harahap.

Mini collection Purana X Agan Harahap antara lain terdiri dari oversized shirt, cargo pants, denim jacket, hingga kimono outer. Direktur Kreatif Purana, Nonita Respati, mengatakan bahwa selama ini Purana berfokus pada produksi busana perempuan. Pihaknya harus merombak ulang ukuran agar bisa memenuhi kebutuhan busana uniseks.

Ia juga mencari jenis busana apa yang sekarang banyak dicari pria maupun wanita untuk dipakai sehari-hari. Jawabannya tak lain dari busana-busana kasual untuk santai dan liburan dan jenis-jenis busana simpel seperti bowling shirt (mirip kemeja piyama, namun berlengan pendek), jogger pants, celana sarung, dan semacam celana piyama.

“Jadi kami menciptakan beragam item yang nyaman dipakai di dalam dan di luar rumah dengan warnanya pun cenderung universal serta banyak dicari seperti hitam, putih, dan denim,” kata Nonita, dalam keterangan pers, (22/9).

Mini koleksi bertema New life new hope tersebut menampilkan beberapa model dan motif. Salah satunya motif gambar karya Agan Harahap yang sedang dipamerkan di ajang ArtJog Resilience hingga akhir Oktober mendatang. Karya itu berupa lukisan tanduk rusa yang ditumbuhi tanaman. Lukisan itu dipadukan dalam busana jaket denim.

“Menyampaikan metafora bahwa tanduk yang macho pada waktunya akan mati, namun akhirnya berfungsi menjadi rumah bagi kehidupan lain, Agan menyebut karyanya sebagai respons terhadap berbagai gejolak dan perubahan yang terjadi secara cepat dan mendadak dalam kehidupan kita,” ujar Nonita.

Selain denim, variasi lukisan karya Agan Harahap tersebut juga muncul dalam model lain. Mulai dari blus berukuran besar hingga kimono. Karena diperuntukkan uniseks, variasi warna yang dihadirkan cenderung lebih sederhana. Nuansa hitam, putih, dan abu-abu menjadi yang paling mendominasi.

Pada aksesoris, Purana menghadirkan topi khas yang berwarna senada dengan pakaiannya, hitam dan putih. Karena dirilis dalam situasi pandemi, masker kain juga menjadi salah satu item yang tak lupa ikut disertakan sebagai pilihan aksesoris.

“Kami membaca tren, dan melihat bahwa orang sekarang ini selain senang memakai loungewear, setelan atasan dan bawahan, juga senang memakai masker yang serasi, jadi kami menjawab permintaan itu,” kata Nonita. (Pro/M-1)

Baca Juga

Unsplash/ Puria Berenji

Ini Deretan Musik Paling Banyak Diputar di Spotify 2020

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:55 WIB
Drake, Bad Bunny, Dua Lipa, dan The Weeknd adalah kategori artis yang paling banyak diputar di Spotify sepanjang...
Dok. Youtube

Cegah Misinformasi, Youtube Luncurkan Panel Cek Fakta

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:35 WIB
Pengecekan fakta itu dilakukan dengan melibatkan 24 organisasi media dan enam penanda tangan International Fact-Checking Network’s...
 Tolga Akmen / AFP

Tetap Gunakan Masker Jika Berada Ruangan Berventilasi Buruk

👤Adiyanto 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:35 WIB
Ini merupakan rekomendasi terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pedoman penggunaan masker guna mencegah penularan virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya