Selasa 06 Oktober 2020, 18:40 WIB

Teliti Lubang Hitam, Tiga Ilmuwan ini Raih Nobel Fisika

Adiyanto | Weekend
Teliti Lubang Hitam, Tiga Ilmuwan ini Raih Nobel Fisika

Fredrik SANDBERG / TT NEWS AGENCY / AFP
Wajah Para pemenang Nobel Fisika 2020 Ditampilkan di Layar

TIGA orang ilmuwan, Roger Penrose dari Inggris, Reinhard Genzel dari Jerman, dan Andrea Ghez dari AS meraih Nobel Fisika untuk penelitian mereka tentang lubang hitam.

Tm juri komite nobel, Selasa (6/10),  mengumumkan para fisikawan itu dipilih untuk penemuan mereka tentang salah satu fenomena paling eksotis di alam semesta, lubang hitam.

Menurut juri, Penrose, 89, dihormati karena menunjukkan bahwa teori relativitas umum mengarah pada pembentukan lubang hitam, sedangkan Genzel, 68, dan Ghez, 55, bersama-sama dianugerahi nobel tersebut karena menemukan bahwa benda tak terlihat dan sangat berat mengatur orbit bintang di pusat galaksi kita.

Ghez adalah perempuan keempat yang menerima Nobel Fisika sejak 1901 ketika ajang penghargaan ini diadakan.Sebelumnya perempuan yang meraih nobel di kategori ini adalah Marie Skłodowska Curie (Polandia), Maria Goeppert-Mayer (AS), dan Donna Strickland (Kanada)

Penrose menggunakan pemodelan matematika untuk membuktikan kembali pada 1965 bahwa lubang hitam dapat terbentuk, menjadi entitas yang darinya tidak ada, bahkan mampu menyedot cahaya ke dalamnya.

Genzel dan Ghez telah memimpin penelitian sejak awal 1990-an yang berfokus pada wilayah yang disebut Sagitarius A * di pusat Bima Sakti. (AFP/M-4)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Belum Potensial

👤Meirisa Isnaeni Staf Bahasa Media Indonesia 🕔Minggu 20 Juni 2021, 06:30 WIB
Hendaknya kita cermat dalam pemilihan diksi. Dengan diksi, pesan yang disampaikan akan mudah dipahami dan tidak akan terjadi...
MI/Ebet

Jangan Menyerah

👤Adiyanto Wartawan Media Indonesia 🕔Minggu 20 Juni 2021, 05:30 WIB
Jakarta, yang besok berulang tahun ke-494, harus...
MI/Ebet

Rukun Agawe Santosa, Crah Agawe Bubrah

👤Ono Sarwono Penyuka wayang 🕔Minggu 20 Juni 2021, 05:10 WIB
GARENG, Petruk, dan Bagong terbengong-bengong ketika tiba di rumah bapak mereka, Semar, di Dusun Klampisireng, pada suatu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya