Selasa 01 September 2020, 07:56 WIB

Apple iOS 13.7 Mungkinkan Notifikasi Paparan Korona

Abdillah Marzuqi | Weekend
Apple iOS 13.7 Mungkinkan Notifikasi Paparan Korona

MACRumors
Sistem operasi terbaru Apple, iOS 13.7, mungkinkan pengguna terima notifikasi paparan covid-19

 

Sistem operasi (OS) Apple iOS 13.7 bisa diset untuk memungkinkan pengguna menerima pemberitahuan terkait paparan virus corona tanpa harus mengunduh aplikasi pelacakan kontak dari pihak ketiga. Pengguna hanya tinggal mengubah pengaturan di iPhone atau iPad. Hal itu diketahui usai rilis iOS 13.7 versi beta untuk pengembang.

Dilansir dari Daily Mail, OS itu punya kemampuan untuk menyalakan alarm di 'pengaturan'. Hal itu memungkinkan pengguna menggunakan fitur pelacakan kontak tanpa mengunduh aplikasi lain. Pemberitahuan pemaparan tampaknya menggunakan bluetooth yang memberi tahu pengguna saat mereka berada di dekat seseorang yang positif covid-19.

Meski demikian, pihak Apple mengungkap fitur tersebut kemungkinan tidak dirilis karena sistem bergantung pada dukungan otoritas kesehatan setempat.

Sebelumnya, Apple bekerja sama dengan Google untuk membuat aplikasi yang diluncurkan pada Mei. Perangkat lunak itu digunakan otoritas kesehatan untuk membangun aplikasi tersendiri. Sejauh ini, tercatat 22 negara yang meminta akses ke teknologi tersebut.

Peluncuran perdana aplikasi besutan Apple dan Google dilakukan di Virginia, AS, awal bulan ini. Aplikasi itu bernama Covidwise. Karena hanya berlaku lokal sesuasi ketersediaan data wilayah. Aplikasi itu bernama Covidwise.

Meski demikian, aplikasi itu tidak akan berfungsi dengan baik di luar Virginia, karena bergantung pada ketersediaan data yang disuplai oleh otoritas kesehatan. Kecuali jika otoritas kesehatan wilayah sekitar mau berkoordinasi dan berbagi data.

Sejumlah 20 negara bagian lain di AS juga menyatakan minat pada teknologi Apple-Google, di antaranya Alabama, South Carolina, North Dakota, dan Pennsylvania.

Aplikasi senada juga telah diluncurkan di 16 negara di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. (DailyMail/M-2) 

Baca Juga

123RF

Hindari Makanan dan Minuman ini Saat Menginjak Usia Kepala Lima

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:15 WIB
Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh mulai menurun sehingga Anda perlu membantu mengurangi beban organ tubuh...
Instagram @BenJody

Yayan Ruhian Sentil Pengusaha Nakal

👤Fathurrozak 🕔Senin 24 Januari 2022, 22:10 WIB
Di film Ben & Djody, Yayan menjadi pembalak liar yang dipekerjakan oleh pengusaha...
Dok. Orbital Dago

Pelukis Lutfi Yanuar Gelar Pameran Menoreh Metafora

👤Fathurrozak 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:38 WIB
Pamerang tunggal yang akan berlangsung hingga 21 Februari mendatang ini mengangkat soal artefak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya