Jumat 07 Agustus 2020, 13:35 WIB

Pementasan Kisah Rara Jonggrang Dalam Kemasan Kekinian

Galih Agus Saputra | Weekend
Pementasan Kisah Rara Jonggrang Dalam Kemasan Kekinian

Dok. Indonesia Kaya
Mengadaptasi legenda Rara Jonggrang, pementasan "Rara J" menceritakan Rara yang meminta konten dengan 1000 penonton, alih-alih 1000 candi.

 

JIKA Rara Jonggrang hidup di masa kini, mestinya ia memang memberi tantangan yang sangat kekinian bagi pria yang ingin meminangnya. Dulu sebagai puteri raja, ia minta dibuatkan 1000 candi maka sekarang ini bisa saja ia minta dibuatkan konten yang viral. 

Bukan saja andai-andai, itulah kisah Rara Jonggrang masa kini yang ditampilkan dalam pementasan "Rara J". Diproduksi oleh Teater Musikal Nusantara (Teman), sosok Rara Jonggrang diadaptasi ke karakter perempuan bernama Rara J yang berprofesi sebagai pembuat konten. Rara memberi tantangan kepada Bandung, pemuda yang mengharap cintanya, untuk membuat konten video yang mampu meraih 1000 penonton (viewers). 

Menjadi bagian dari program #MusikalDiRumahAja yang dipersembahkan BOOW LIVE dan Indonesiakaya.com, pementasan ini akan berlangsung daring. Sang Sutradara, Naya Anindita saat konferensi pers daring, Kamis (6/8), mengatakan pertunjukan Rara J
menjadi bukti bahwa pandemi bukanlah halangan bagi para seniman untuk berkreasi.

"Memberikan energi baru bagi saya untuk menjadikan keterbatasan yang ada menjadi sesuatu pengalaman menarik dalam menciptakan sebuah karya yang diadaptasi dari cerita legenda yang dikemas secara ringan kekinian," katanya.

Naya mengerjakan proyek ini bersama Sinematografer, Gerry Habir. Sementara naskah cerita ditulis oleh Titien Wattimena, bersama Chriskevin Adefrid, Venytha Yoshiantini dan Ivan Tangkulung dari Teman.

Naya mengungkapkan proses produksi sangat menarik karena syuting dikerjakan hanya menggunakan peralatan sederhana yakni gawai. "Merupakan hal yang menarik di industri kreatif dan belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh saya," sambung pemeran Rara J, Neala Vangelin.

Sementara itu, Direktur Program Indonesiakaya.com, Renitasari Adrian mengatakan kisah Rara J hanyalah salah satu dari 6 cerita rakyat Indonesia yang ditampilkan dalam program #MusikalDirumahAja. Sebelumnya ada kisah Timun Mas dan Malin Kundang, dan akan ada kisah Sangkurian, Bawang Merah Bawang Putih, serta Lutung Kasarung.

"Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat Indonesia yang telah menyaksikan dua episode penayangan #MusikalDirumahAja yang sudah mencapai lebih dari 500.000 penayangan," kata Renitasari.

Seluruh pertunjukan #MusikalDirumahAja dapat disaksikan secara gratis melalui kanal Youtube Indonesia Kaya. Berikut adalah jadwal pertunjukan selanjutnya:

Judul: Rara J
Tayang: Kamis (6/8) - Kamis (13/8)

Judul: Sangkuriang
Tayang: Kamis (13/8) - Kamis (20/8)

Judul: Bawang Merah Bawang Putih
Tayang: Kamis (20/8) - Kamis (27/8)

Judul: Lutung Kasarung
Tayang: Kamis (27/8).
(M-1)

Baca Juga

Dok McDonald’s Indonesia

Rangkaian Taste of Italy Jadi Andalan McDonald’s Indonesia

👤Humaniora 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 16:54 WIB
Menu andalan dari Taste of Italy terdiri atas enam item, yakni Beef Alfredo Burger, McSpicy Alfredo Burger, Italian Soda Italian Cream Soda...
ussfeed.com

Empat Cara Memulai Kebiasaan Hidup Sehat dengan Iringan Audio

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 14:56 WIB
Spotify kini memperbarui hub Wellnesss untuk membantu mereka semakin terhubung dengan diri sendiri dan memprioritaskan...
IMDB.com

Film A Quiet Place Bakal Dikembangkan Jadi Video Game

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 14:34 WIB
Film horor “A Quiet Place” karya sutradara John Krasinski akan dikembangkan menjadi video game yang digarap oleh publisher...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya